Makanan Khas Papua: PAPEDA


Makanan Khas Papua PAPEDA, Saat  di bangku Sekolah Dasar, kita pernah diajarkan tentang makanan pokok di Indonesia. Mayoritas penduduk Indonesia menyantap nasi namun ada beberapa daerah yang tidak mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya, Seperti misalnya penduduk di kawasan timur Indonesia seperti Maluku dan Papua mereka mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokoknya.

Seiring dengan perkembangan waktu, lambat laun penduduk di Maluku dan Papua mulai beralih mengkonsumsi nasi, terutama di wilayah perkotaan. Namun penduduk setempat masih banyak juga yang mengkonsumsi sagu, terutama di daerah pedalaman atau jika ada pesta perkawinan. Salah satu makanan dengan dengan bahan olahan sagu yang paling terkenal adalah papeda  atau biasa disebut bubur sagu. Berikut penjelasannya: 
 
Papeda atau bubur sagu, merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini terdapat di hampir semua daerah di Maluku dan Papua.

Papeda dibuat dari tepung sagu. Pembuatnya para penduduk di pedalaman Papua. Tepung sagu dibuat dengan cara menokok batang sagu. Pohon yang bagus untuk dibuat sagu adalah pohon yang berumur antara tiga hingga lima tahun.

Mula-mula pokok sagu dipotong. Lalu bonggolnya diperas hingga sari patinya keluar. Dari sari pati ini diperoleh tepung sagu murni yang siap diolah. Tepung sagu kemudian disimpan di dalam alat yang disebut tumang.

Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.(Wikipedia)


Berikut Ini Cara Membuat Papeda:
Bahan membuat papeda:
100 gr tepung sagu
1000 cc air
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula 
Cara Membuat Papeda: 
1. Cairkan tepung sagu dengan 300 ml air
2. Tambahkan garam dan gula
3. Didihkan sisa air
4. Tuang air yang sudah mendidih ke dalam larutan tepung sagu, aduk  perlahan sehingga sagu matang merata5. Papeda dikatakan sudah matang jika sudah berwarna bening jika masih belum merata matangnya adonan bisa dimasak di atas api kecil sambil terus diaduk
6. Jika sudah bening angkat dan sajikan hangat.


Papeda ini ibarat nasi. Jadi perlu lauk pauk juga saat menyantapnya. Tidak terbayang kan kalau makan nasi tanpa lauk pauk  Begitu juga Papeda. Biasanya disajikan dengan sup ikan kuah kuning. Biasanya ikan yang dimasak adalah ikan tude, ikan tongkol atau ikan mubara. Tergantung ikan mana yang ingin kita santap. Sebagai bumbu penyedap cukup ditambah bumbu kunyit dan jeruk nipis.

Cara makannya pun memiliki khas tersendiri. Setelah mengambil papeda secukupnya ke dalam piring dan mengambil ikan sup kuah kuning kita tinggal melahapnya. Cukup menautkan telunjuk dan jempol untuk mengambil Papeda dan langsung menyeruputnya. Praktis tidak perlu dikunyah karena sudah lembek seperti bubur. Ditambah dengan lauk pauk lainnya semakin menambah kenikmatan makanan khas ini.

Lauk pauk lainnya yang semakin menambah nikmatnya makan papeda adalah sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah. Konon jika menyantap makanan ini kita akan terhindar dari penyakit malaria. Bisa jadi mungkin karena rasa pahit dari bunga pepaya, seperti pil kina  bisa menambah kekebalan tubuh jika penyakit malaria menyerang.
  
* * * * * 

Demikian Artikel tentang Makanan Khas Papua PAPEDA Bagi teman-teman yang belum pernah mencoba, rasanya menu kuliner penuh gizi ini wajib dicicipi.Terima Kasih


Dikutip Dari Berbagai Sumber
14 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

14 komentar:

Mas Nazar said...

jadi ngiler mas ...

Dede Thea said...

nice info kawan,cukup jelas jadi tambah wawasan lagi nih setelah membaca artikel yang satu ini,,,,,thanks for your information my friend,,

wewengkon sumedang said...

terima kasih resep papeda nya mas...mudah2an kapan2 bisa dicoba..
karena dari dulu mang penasaran banget pengen nyoba papeda ini

Yono Karyono said...

ternyata begitu ya cara mengolah sagu menjadi papeda.

Mas Nady said...

wah saya pernah melihat makanan ini sob, tapi hanya di tv saja, kalau merasakan masakan yang terbuat dari sagu ini, saya belum pernah sob.. kalau melihat bentuknya sih.. kayaknya di kasih kuah gula enak juga tuch.. heheheh

budi os 19 said...

Menarik nih mas...resepnya buat di tester di dapur... :)

Wahyu basofii said...

baru tahu mas tentang makanan papeda. . . Makanan khas Indonesia memang banyak. .

madura said...

submit aja gan ke kungfu chef . Hdhehehe

sabda awal said...

belum pernah makan, coba lihat resepnya dulu ya

Art Energic said...

pengen nyoba, rasanya gimana ya? bocah kampoenk sudah pernah coba masak? kalau sudah saya dimasakin juga dong, hehe jangan lupa kunjungan balik sob :)

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa said...

.. kayak nya enak nich. kirim sepirink donk. he..86x ..

Herman Bagus said...

sama seperti sobat yang suka share makanan, tapi gambarnya aja, aslinya tak pernah nyampe kerumah ehhehe

MaYa KayLa said...

boleh di coba ni,,,

MaYa KayLa said...

siapin baskom buat Maz Nazar

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers