Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H


Besok 10 Dzulhijjah  1433 H, bertepatan dengan hari jum'at tanggal 26 Oktober 2012, diperingati  Ummat Islam sebagai Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu semua Ummat Islam di Indonesia bahkan Ummat Islam yang berada di belahan Dunia lain akan memperingati peristiwa bersejarah dimana Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah  untuk mengorbankan Putranya Nabi Ismail yang sangat dia kasihi. Perintah Allah untuk menyembelih Putranya dilaksanakan dengan ikhlas merupakan manisfetasi dari ketaatan dan loyalitas yang ditunjukkan  oleh seorang hamba Allah kepada Tuhan yang menciptakan semua yang ada di alam semesta ini.

Melihat dari latar sejarahnya, Idul Adha merupakan hari pembuktian cinta seorang hamba kepada Tuhannya. Sebagaimana kita tahu, saat itu nabi Ibrahim diuji kerelaannya untuk berkorban demi menjalankan perintah Tuhan. Tidak tanggung-tanggung, yang akan dikorbankan adalah anaknya, Ismail. Saat akan menyembelih Ismail, sekali lagi Tuhan menunjukkan keadilannya. Ia mengganti Ismail dengan hewan sembelihan, sehingga yang nabi Ibrahim sembelih adalah hewan tersebut, bukan anaknya. Apa hikmah dari kejadian ini???
Pada kisah nabi Ibrahim dan anaknya Ismail, kita diberikan pelajaran bahwa sebesar apapun cinta kita kepada segala sesuatu di dunia ini, cinta kepada Tuhan adalah yang utama.

Saya terkadang bertanya kepada diri sendiri sudah sejauh mana pengorbanan saya untuk taat kepada-Nya dan memperjuangkan Agama-Nya ? Sudahkan saya mengorbankan harta, jabatan, keluarga, atau bahkan jiwa saya untuk Allah dan Islam? Bahkan hanya sekedar untuk sumbangan perbaikan mushollapun kadang saya masih piker-pikir kalau menyumbang. Kalau ada teman yang meminta bantuan untuk dana perjuangan Islam, kadang masih sulit untuk memupuk keikhlasan dalam melakukannya. Ketika diminta untuk meninggalkan kepentingan pribadi demi Agama, kadang kepentingan pribadi masih lebih diutamakan.

Insya Allah besok pagi kita akan datang beramai-ramai ke tempat di selenggarakannya Sholat Idul Adha di lingkungan kita masing-masing,dimana kita akan memanjatkan doa kepada Allah,semoga diberi kebaikan dan diberi kesehatan supa bisa berjumpa lagi Dengan idul adha berikutnya.  Mungkin pada momen-momen seperti itulah kita bisa intospeksi pada diri kita masing-masing dan terus memperbaiki diri serta meningkatkan iman dan ketaqwaan yang kita miliki.


Alangkah indahnya hidup ini jika spirit Idul Adha untuk saling menyayangi dan mencintai kita terapkan dalam kehidupan kita bahkan setelah hari raya Idul Adha ini usai. Semoga spirit ini bisa menjadi nafas gerak kita untuk melewati kehidupan ini .Amin
17 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

17 komentar:

Yousake NKRI said...

minal aidzin wal faidzin sob

Bocah Kampoenk said...

@Yousake NKRI:Minal Aidin Wal Faidzin juga sob, Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Rohis Facebook said...

Selamat Hari Raya idul Adha
Taqabbalallahu Minna wa Minkum... *smile

Limit Post said...

selamet hari raya idul adha mas hehehe ^_^v

M haykal said...

Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu Minna wa Minkum

ants kaka said...

selamat idul adha juga sob,,,
ayo cepetan siap" bakar",,hehehhe

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . met Idul Adha juga kawan. untuk para kambing dan sapi,, siap^ ya?!? he..86x . .

Bugis Makassar said...

Mat Hari Raya Kurban buat Kita semua Ummat Muslim dimana saja berada semoga tahun depan kita masih bisa merayakan hari yang Fitrah Ini

sabda awal said...

maaf lahir batin ya,

asikkk, banjir daging, hahah

cak oni said...

maaf baru komen kang soalnya kemarin"sibuk"

Bocah Kampoenk said...

@cak oni: gpp mas bro...

galedeg said...

met Hari raya idul Adha Juga Sob,,, salam kenal

Hasbi Htc said...

Assalamu Alaikum WALAUPUN JEMARI TAK BERJABAT, RUPA TIDAK PERNAH KETEMU SECARA LANGSUNG NAMUN BLOGLAH YANG MENJADI AJANG SILAHTURAHMI KITA SELAMA INI DAN SAYA UCAPKAN Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha Bila saya ada Khilaf dalam pengajuan komentar di blog ini saya ucapakan Minta Maaf yang sebesar besarnya. Salam Sukses dan Jaya selalu Untuk Admin Bocah Kampung Wassalam

Bocah Kampoenk said...

@Hasbi Htc:iya saya juga minta maaf sebesar-besarnya, kalau ada salah2 kata selama ini

BlogS of Hariyanto said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
Wassalam

sakahayang.com said...

Selamat Idul Adha juga sob,
semoga qurbannya diterima Allah SWT. Aamiin

wilujeng ngeblog

Rohis Facebook said...

jalan2 sambil cari2 postingan baru.. *smile

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers