MINAS ( Minuman Asli Sinjai) Sulawesi Selatan

Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan adalah Kota Seribu Mesjid. Sebagian besar penduduknya merupakan pemeluk agama Islam yang taat. Oleh karena itu minuman beralkohol dilarang keras beredar disini. Larangan mengkonsumsi minuman keras sangat jelas tertuang dalam peraturan daerah setempat. Hal ini mengakibatkan nelayan sulit memperoleh minuman penghangat badan dan penambah tenaga yang mengandung alkohol.

Gambar diatas  adalah minuman khas Sinjai, Sulawesi Selatan. Minuman ini dibuat sebagai pengganti minuman keras. Masyarakat Sinjai yang sebagian besar nelayan, memerlukan minuman penghangat badan, maka lahirlah minuman khas Sinjai yang biasa disebut minas (minuman asli Sinjai)  . Minuman ini juga memiliki khasiat memulihkan dan menambah tenaga setelah lelah bekerja.

Pembuatan minuman minas ini tidak sulit. Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat sepuluh botol minas dibutuhkan sekitar 15 kilogram tape singkong. Selain itu juga ditambah susu, telor, air kelapa, madu, sedikit tuak, buah durian dan buah-buahan lainnya. Aroma minuman ini mengikuti musim. Bila sedang musim durian, maka aroma buah durian sangat terasa di minuman ini.

Semua bahan kemudian dicampur dan dihancurkan dengan blender
kemudian didinginkan di dalam freezer kulkas.  Kini minuman siap dikonsumsi. Agar dapat dibawa, minuman khas Sinjai ini dikemas ke dalam botol plastik.

Sayangnya, minuman khas Sinjai ini tidak bertahan lama, karena tidak bisa diawetkan. Bila disimpan di lemari es, hanya dapat bertahan selama 7 hari.Minuman khas Sinjai ini paling cocok dikonsumsi pada malam hari. Untuk menghangatkan badan di tengah dinginnya malam.



Nah sobat/sobatwati  bila kamu berkunjung ke Kota Sinjai, tidak ada salahnya mencicipi Minas  ini sambil makan ikan bakar. Karena minuman ini cukup langka  hanya bisa kita temukan di kota sinjai , tidak tersedia di kota-kota lain.

19 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

19 komentar:

Hasbi Htc said...

wah mantap nich cuma kemaren waktu saya beli kok mereknya IREX :D

sabda awal said...

wah kayaknya enak tuh.... pengen nyoba deh...

admin, bagi email rekom ibn nya dong, plisss T_T
kalo perlu kasih syarat deh

M haykal said...

nama minumanya unik sob "MINAS",pasti sedap yg rasa mangga :)

Limit Post said...

belum cukup umur mas untuk mengonsumsinya :D

♥•.MAHA◥♀◤DHIFA.•♥ said...

. . kayaknya nich ya,, aq lebih suka makanan nya aja dachhhhh,, he..86x. jangan lupa di bungkus ya?!? he..86x. .

Rohis Facebook said...

pernah ku coba ces.., tp sedikit ji cz takutx ntr mabuk hehehe...

Yuyud said...

Wah, bahan dasarnya tape ya. Kalo kebanyakan bisa mabok tuh. :D

Hendra Hacc said...

Jadi kepengen nyobain MINAS.

catatannaya said...

nih kayak minuman Sarabba' ya..?? yg berasa jahenya...
nusantara memang kaya akan kuliner termasuk MINAS ini.. nice sharing....

TABUHGONG said...

warnanya seperti susu gitu ya..
owh ternyata memang pakai susu..

masnady said...

wah kirai semacam just sobat..? eh g taunya dari tape toh...? nice artikel , jadi menambah wawasan saya nih...

Indonesian Strong from Home said...

keren juga iia.. berbahan dasar tape.. :)

Em Albar said...

ngak maubuk ya minum itu mas

Bocah Kampoenk said...

@Em Albar: Nggak, yang penting jangan minum 2 ember aja :D

Rohis Facebook said...

jalan2 lg ni sob.., sambil cari2 postingan baru.. *smile

Bocah Kampoenk said...

@Rohis Facebook: haha, carikan buat saya juga yah sob :D

vmediakom said...

jadi pengen ngrasain minas... Enak pasti ya :)

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . emmmmm,, . .

febriansyah haq said...

kira-kira rasanya kayak apa ya . . . . .

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers