10 Lagu Dangdut yang Dianggap Vulgar

Menyusuri jalan-jalan  di seputaran pasar-pasar tradisional kota makassar sambil berjalan kaki termasuk kegiatan yang menyenangkan apalagi jika ada pasar kaget atau cuaca cerah. Berbagai barang dipajang ditrotoar yang semakin sempit untuk pejalan kaki mulai dari baju, sepatu, jaket kulit, makanan dll.

Disaat menelusuri lapak demi lapak terdengar nyaring lagu dangdut dari lapak penjual CD Bajakan. Saya lupa liriknya tapi yang pasti penyanyi itu selalu menyelingi lagunya dengan rintihan dan desahan. sambil senyum-senyum :D saya kemudian berpikir kenapa para penyanyi dangdut itu harus mengumbar erotisme? akibatnya musik dan penyanyi wanitanya sering dicap miring. Para penyanyi ini kadang tidak peduli situasi dan kondisi dimana dia bernyanyi yang penting tampil sexy dengan goyangan erotis plus mendesah untuk menarik perhatian penonton. Banyak sekali video dangdut di youtube menampilkan gaya seperti itu, para penyanyi dangdut itu menari tanpa ada  pola dan hanya melakukan berbagai gerakan vulgar yang bisa bikin otak laki-laki ngeres. yang makin memprihantinkan lagi di video tersebut terlihat jelas banyak anak-anak kecil yang menonton, mau dibawa kemana generasi muda kita masih kecil sudah dipertontonkan adegan tidak senonoh begitu.

Karena itu ketika FPI memboikot Lady Gaga sebenarnya ironis juga karena di Indonesia sendiri banyak penyanyi dangdut yang lagu, kostum dan tariannya jauh lebih parah dari lady Gaga bahkan mereka tidak peduli jika show erotisnya itu ditonton oleh anak-anak. Tapi yang cukup mengejutkan video para penyanyi dangdut itu dilihat jutaan orang bahkan salah satu penyanyi dangdut yang terkenal dengan goyang erotisnya, videonya sudah dilihat lebih dari 7,5 juta kali itu berarti mengungguli para penyanyi Pop terkenal seperti, Armada, Agnes, Ungu,anang hermansyah dll (hmmm… nikmati lagunya atau goyang penyanyinya niih?)

Sebenarnya Komisi Penyiaran Indonesia juga sudah gerah dengan erotisme dan syair lagu dangdut yang vulgar. Misalnya KPID ( Komisi Penyiaran Indonesia Daerah ) Provinsi Nusa Tenggara Barat melarang seluruh lembaga penyiaran baik radio maupun televisi menyiarkan 10 lagu dangdut yang liriknya mengandung unsur porno dan tidak mendidik. Ke 10 Lagu itu yaitu:

1. Jupe - Paling Suka ( 69 )
Julia Perez membawakan dengan nada dan suaranya yang erotis, mendesah menggambarkan gaya bercinta sang penyanyi. Lagu ini merupakan soundtrack film Jupe, Pocong Minta Kawin.

2. Lia MJ feat Asep - Rumpi Mobil Bergoyang
Jauh lebih vulgar menggambarkan seks bebas  dilakukan.

3. Della Puspita -Apa Aja Boleh
Dinyanyikan pesinetron Della Puspita, menggambarkan perilaku seks bebas di kalangan remaja, kepasrahan seorang wanita yang rela menyerahkan segalanya demi cintanya kepada sang pacar.

4. Tuty Wibowo - Hamil Duluan
Akibat hubungan intim di luar nikah, digambarkan secara vulgar .

5. Ageng Kiwi - Maaf, Kamu Hamil Duluan
Menggambarkan kenekatan laki-laki yang siap menikahi pacarnya karena hamil duluan, dan akan menjadi seorang ayah hasil hubungan gelap.

6. Saskia - Satu Jam Saja
Punya kesamaan maksud yakni perilaku pacaran, selingkuh, tidak setia pada pasangan dan seks pra nikah yang bisa jadi merupakan trend remaja saat ini.

7. Minawati Dewi - Wanita Lubang Buaya 
reff-nya  gini gan silahkan kamu nilai sendiri "Memang wanita dia punya lubang buaya, Wajar saja lelaki mau menggodanya, Memang wanita punya satu lubang buaya,Walau satu tapi itu sangat berharga"
 
8. Rya Sakila - Ada Yang Panjang
Lirik awalnya gini "Ada yang panjang, ada yang pendek, Ada yang lentur, ada yang bengkok" No comment ah :D
 
9. Rimba - Mucikari Cinta
Tentang seorang wanita yang dijadikan suaminya sebagai wanita penjaja cinta (WTS) dengan segala duka dan penderitaannya.

10. Mozza Kirana - Melanggar Hukum
Bercerita tentang kenekatan seorang wanita yang mencintai suami orang dan siap dimadu. 

Entah mengapa walaupun sering dicela sebenarnya musik dangdut punya tempat tersendiri dihati sebagian besar masyarakat Indonesia sayangnya banyak penyanyi dangdut pemula yang terperosok dalam gaya vulgar padahal banyak penyanyi dangdut terkenal yg bisa sukses tanpa harus menari erotis dan menyanyi dengan mendesah dan melenguh misalnya Ike Nurjanah dan kristina Tanpa aaahh…uuuuh…awwww… iiiih… lagu mereka sukses disukai masyarakat.


Reperensi:  Kompasiana dan Google image
3 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 komentar:

Masnady said...

wah fulgar bgt tu sob...?? tp klo ada saya juga mau liat nya hehehehe...? tp tarian fulgar itu g mendidik bgt buat anak-anak sobb...?

Sang Bocah said...

betul banget sob, tapi kalo dipaksa nonton,boleh juga tuh hehehe

Nena Zakiah said...

merusak generasi sekali. sepatutnya yang seperti ini diboikot. apa daya mayoritas orang indonesia, terutama masyarakat menengah kebawah menyukai yang seperti ini..

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers