Biasakanlah Untuk Selalu Bersyukur


Bersyukur, mungkin hanya sebuah kata yang singkat nan sederhana namun memiliki makna yang luar biasa bagi kehidupan kita. Karena dengan bersyukur, kita akan selalu  menjadi orang yang lebih menghargai segala sesuatu milik kita, dan belum tentu hal itu bisa dimiliki serta dinikmati oleh orang lain.

Pernahkah kita merasa mengapa Tuhan tidak adil dengan memberikan wajah yang pas-pasan kepada kita? 
Mengapa bukan wajah Ganteng atau Cantik seperti artis dan para model? Mengapa pula Tuhan memberikan kehidupan sederhana kepada kita?  Kadangkala, perlu pertimbangan yang matang saat membeli barang  karena kebutuhan lain jauh lebih mendominasi keuangan kita.  Ditambah lagi, mengapa Tuhan memberikan kita otak dengan kemampuan yang standart? Tidak seperti mereka yang beruntung bisa ditempatkan untuk merasakan karier di tempat-tempat bergengsi dan membuat orang berdecak kagum. Sedangkan kita.. mungkin memang porsinya hanya sebagai pegawai administrasi, pegawai koperasi, marketing dan pekerjaan-pekerjaan lain yang sesuai dengan potensi kita.

Namun pernahkah kita melihat orang lain di bawah kita? Pernahkah kita melihat orang cacat yang duduk di atas kursi roda tanpa mempunyai kaki dan tangan? Ditambah lagi, mereka masih harus mengamen di terminal atau stasiun dengan wajah yang lusuh hanya demi mendapatkan beberapa uang receh. Pernahkah pula kita melihat gelandangan di jalanan yang harus mengais sampah hanya untuk menemukan sisa makanan? Atau pengemis yang harus berjalan dari rumah ke rumah hanya untuk mengharapkan belas kasihan orang lain itupun terkadang harus disertai caci maki dan hinaan.  

Pernahkah pula kita melihat kehidupan tukang becak , tukang bangunan atau tukang ojek yang setiap harinya mendapatkan penghasilan sangat pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka? Atau misalnya kejadian yang setingkat lebih tinggi dari itu, seorang pengangguran yang bingung melamar kerja ke sana kemari mencari pekerjaan hanya untuk sekedar ingin mendapatkan penghasilan sendiri, walaupun seringkali, gaji mereka saat sudah bekerja tidak sebesar harapan.

Jika menelaah semua itu, apakah kita masih merasa bahwa Tuhan tidak adil terhadap kita? Masihkah kita harus berkecil hati karena keadaan kita tidak seberuntung orang lain? Ataukah kita harus marah sebab gaji yang kita terima dari tempat kita bekerja sangat minim?

Jika kita hanya mencari kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kita dan selalu membandingkan keadaan dengan orang lain, maka selalu ada saja yang tidak sempurna. Karena memang tidak ada sesuatu yang sempurna! Tetapi jika kita selalu mensyukuri apa yang kita punya dan kita terima dengan penuh hati dan ikhlas, niscaya kita akan selalu merasa menjadi orang yang beruntung dibanding orang lain di sekitar kita.

Memang apa yang kita peroleh tidak selalu relevan dengan yang kita harapkan. Namun yakinlah, bahwa segala sesuatu akan terjadi Indah pada waktunya. Yang penting kita tidak lupa untuk mengucap syukur atas semua hal yang kita rasakan saat ini. Karena sesungguhnya, kebahagiaan itu bukanlah karena apa yang kita miliki, tetapi karena kita berusaha mensyukuri apa kita punya dengan hati tulus dan ikhlas.

Reperensi : Vemale.Com
8 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

8 komentar:

rupi adam said...

di atas langit masih ada langit, di bawah bumi masih ada bumi
itu dia, orang kadang lupa untuk melihat kebawah, hanya melihat keatas ...
:)

Abed Saragih said...

Tiap hari kita diberi nafas kehidupan.Seharusnya kita bersyukur akan hal itu :)

Andy Borneo said...

tuhan telah menciptakan kita berbagai kelebihan, terkadang kita nggak menyadari hal itu..

Limit Post said...

namanya manusia mas selalu pengen yang terbaik tapi gak pernah bersyukur :(

sya aja bersyukur punya wajah yang standar kaya intel atom seperti yang dikatakan Unlimit-Sost :D

ang penting HEPPY hehehehe :)

robby said...

kunjungan.

bersyukurlah dengan apa yang Alloh beri sama kita,,,

Do You Know Indonesia? said...

Membudayakan untuk selalu bersyukur atas apa yang diberikan olehNya...

Nurmayanti Zain said...

Yaaah, kalau masalah harta dan kemewahan dunia jangan ngelihat ke atas tapi lihat ke bawah ^^ masih banyak orang yang lebih menderita dibanding kita. Bukankah begitu? :)

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . bersyukur itu lebih indah daripada apa pun. walo pun aq jelek n gak sekaya orang^,, namun ini lah diriku apa adanya. he..86x . .

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers