Siapkah Kamu Mati Hari Ini ?


Bagi sebagian orang ,kematian mungkin adalah hal yang biasa tapi akan menjadi luar biasa bila kematian itu datang pada orang-orang yang kita cintai. Apalagi bagi diri sendiri,kematian merupakan pengalaman sekali dalam seumur hidup. Namanya umur manusia siapa yang tahu, persis seperti cerita  dengan teman kampusku pagi-pagi masih belajar bersama, bercanda ketawa bareng  di kampus ehh sore-sore meninggal dunia :(

Hidup adalah kombinasi dari beberapa kemungkinan,dan diantara kemungkinan tersebut terselip sebuah kepastian yaitu kematian. Kematian memang bukan topik yang renyah untuk dikunyah, apalagi kalau kita membicarakan kematian disaat orang lain sedang bersuka cita contohnya di acara resepsi pernikahan teman. wah.wah... bisa-bisa kita diusir dari pesta :D

Lalu kenapa saya mengambil tema ini? Ya cuma sekedar ingin saling mengingatkan dan saling menasehati akan adanya hari akhir. Bukankah bagi seorang muslim beriman pada hari akhir adalah termasuk dalam rukun iman.

Seperti yang kita ketahui bersama,ada 7 hari yang kita lalui dalam hidup ini. Nah diantara tujuh hari yang penuh harapan dan kemungkinan ini terselip sebuah kepastian adanya satu hari akhir berupa kematian. Mumpung kita masih hidup, ya ada baiknya saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Karena kalau kita sudah meninggal maka apa yang dapat kita lakukan ,  hidup ini hanya sekali kawan.

Ya,orang yang meninggal memang sulit dinasehati. Disuruh untuk tidak meninggal sekarang eh malah nerus aja pergi meninggalkan dunia ini. dan pertanyaan pun terbersit di hati saya, siapkah diri ini meninggal dunia hari ini ?

Di jaman kemajuan seperti saat ini,di mana segalanya serba mudah membuat manusia begitu betah tinggal di dunia ini. Hingga terkadang lupa bahwa satu saat akan disuruh pulang ke kampung halamannya. Dan berita buruknya,bila waktu telah memanggil maka tak bisa ditawar lagi.

Jujur,saya pribadi masih ada rasa belum siap untuk mati. Karena dalam keyakinan saya,setelah kematian di dunia ini akan ada lagi kehidupan untuk mempertanggungjawabkan semua hal yang telah saya lakukan sewaktu di dunia. Semacam ada rasa khawatir akan keimanan yang selama ini turun naik, (rajin shalat ketika ada masalah aja) apalagi kalau teringat akan dosa-dosa yang telah saya perbuat.Astagfirullah :)

Ya setelah mati apa yang akan kita bawa nanti?
Jangankan harta atau apapun itu,bahkan seseorang yang mencintai kita pun tak sudi lagi untuk bersama. Iman,itulah yang kan kita bawa nanti. Amal sholeh jadi pengacara dan amal buruk yang jadi jaksa penuntut umum.

Namun bagi mereka yang tidak mempercayai adanya kehidupan setelah kematian,tentu tak ada rasa khawatir. Dan pastinya  mereka lebih siap untuk mati.

Siapkah kamu mati hari ini ?
Kalau belum,maka apa yang akan kamu lakukan di sisa hidup di dunia yang singkat ini?


Gajah mati meninggalkan gading,
Harimau mati meninggalkan belang,
Manusia mati meninggalkan nama …

Hidup adalah anugerah terindah pastikan kita menghiasi sisa-sisa hidup kita dengan hal-hal yang bermanfaat dan tentunya selalu ingat TUHAN.
1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 komentar:

ants kaka said...

Gajah mati meninggalkan gading,
Harimau mati meninggalkan belang,
Manusia mati meninggalkan nama … (dan utang sob)
hehehehe,,

met idul adha sob....

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers