Gangnam Style Kian Merajalela

Entah mengapa beberapa hari terakhir ini topik pembicaraan orang yang paling sering saya dengar adalah “ Gangnam Style “. Banyak orang yang membahas topik ini , bahkan mereka bahas secara berulang-ulang. Hampir semua media juga membahas serta menyajikan topik ini di setiap edisinya. Tak luput dari demam Gangnam Style, banyak jejaring sosial berisi ulasan atau hanya sekedar status mengenai Gangnam Style. Gangnam memang menarik untuk dibahas dan dijadikan topik pembicaraan. Apa sih “Gangnam Style” itu? Mengapa bisa menarik perhatian hampir semua kalangan?

Awalnya saya tidak mengetahui apa itu “Gangnam Style” , namun ketika saya online saya melihat banyak sekali teman-teman jejaring sosial saya yang membicarakan si Gangnam ini. Saya buka smartphone status bbm teman-teman saya juga tentang Gangnam Style. Rasa penasaran pun muncul dari diri saya. Saya mulai bertanya-tanya dan mencari tahu tentang Gangnam Style. Akhirnya saya menemukan sedikit informasi tentang Gangnam dari salah satu teman. “ Itu lho yang videonya diunggah di You Tube , yang tariannya lucu”, kata teman saya. Bayangan saya tentang Gangnam ternyata salah . Saya pikir Gangnam Style itu adalah style rambut atau dandanan ala suatu negara . Rasa penasaran saya semakin menggebu-gebu dan semakin mendorong saya untuk mencari tahu lebih banyak mengenai Gangnam yang sedang jadi trending topic ini .

Akhirnya saya temukan videonya nih:


Video yang diunggah Jul 15, 2012 hingga detik ini telah di tonton sekitar 222,532,692 Orang


Gangnam Style adalah sebuah single K-pop yang dinyanyikan oleh rapper Korea Selatan yaitu Park Jae Sang atau yang lebih akrab dipanggil PSY . Awalnya , Gangnam Style hanya diketahui oleh para penggemar K-pop saja . Namun, berkat para penggemar K-pop tersebut Gangnam Style mulai dikenal masyarakat luas. Para penggemar mulai menyebarluaskan Gangnam Style melalui berbagai jejaring sosial , misalkan facebook dan twitter. Tanpa diduga, Gangnam Style mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Bahkan selebritis-selebritis internasional juga tertarik dengan Gangnam Style ini. Gangnam Style terus-menerus jadi pembicaraan masyarakat luas diberbagai negara. Hingga akhirnya Gangnam Style menjadi hit diseluruh dunia. Kemunculan Gangnam Style ini juga didorong oleh K-Pop yang semakin populer sekarang ini. Selain itu, Gangnam Style juga sangat unik karena menampilkan tarian khas yang menyerupai orang yang sedang mengendarai kuda . Sangat unik dan menarik !

Demam Gangnam Style ini memang semakin hari semakin merajalela. “Lucu, unik dan menarik” , begitulah pendapat-pendapat yang terlontar dari masyarakat. Hampir setiap media menampilkan topik ini. Seperti, hampir seluruh stasiun televisi sering menampilkan masyarakat yang sedang memperagakan tarian Gangnam Style . Mereka meniru setiap gerakan demi gerakan yang menyerupai orang yang sedang mengendarai kuda. Mereka sangat lincah memperagakan tarian tersebut walaupun ada beberapa orang yang masih kaku dan salah ketika memperagakannya. Saya sendiri sangat tertarik dengan tarian ini. Setiap kali mendengar Gangnam Style, saya langsung mengikuti gerakannya. Mungkin saya juga sudah terserang deman Gangnam Style .

Namun sisi lain dari kecintaan rakyat Indonesia khususnya, demam –deman budaya maupun seni-seni dari luar negeri ini semakin mengikis rasa kecintaan terhadap budaya negeri sendiri. Memang cukup sulit mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya negeri ini. Mereka lebih menyukai apa yang sedang booming di masyarakat luas padahal tanpa disadari mereka sudah mulai meninggalkan budayanya. Sebenarnya memang tidak salah jika masyarakat menyukai artis-artis atau seni budaya masyarakat luar, tetapi perlu ditekankan bahwa kita harus dapat menyaring kembali budaya-budaya tersebut agar tidak melampaui norma dan etika budaya kita. Kehebohan-kehebohan yang diciptakan oleh artis-artis atau masyarakat luar negeri seharusnya dijadikan refleksi bagi kita agar dapat menciptakan suatu tren atau kehebohan melalui hal-hal positif yang memang dapat membuat masyarakat dunia mengarahkan matanya kepada negara kita. 

  
Angelia hapsari

1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 komentar:

Limit Komputer said...

Haha, bru lihat mch ane .....

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers