Mulai dari Diri Sendiri

Untuk merubah dunia kita perlu memulainya dengan merubah diri sendiri, untuk menularkan kebahagiaan kita harus jadi Sumber yang bahagia terlebih dahulu. untuk menjadi sahabat yang baik kita awali dengan bersahabat dengan diri kita. Di dalam diri kita terdapat dualisme sifat yang bersebrangan, yang terkadang dapat menghambat efektifitas hidup kita kalau belum terampil memilah. Apa dualisme sifat yang saya maksud misalnya: malas vs rajin,   sedih vs bahagia, loyo vs bergairah  .

Terkadang kita melupakan hal sederhana karena mendambakan hal yang lebih. Padahal hal sederhana itulah fondasi dari apa yang disebut mewah atau wow kelak. Peribahasa lama bilang ” sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, bukan isapan jempol belaka jika peribahasa ini abadi sampai saat ini. Untuk melakukan hal-hal besar mulailah dengan melakukan hal-hal sederhana terlebih dulu. “Untuk merubah dunia kita perlu memulainya dengan merubah diri sendiri, untuk menularkan kebahagiaan kita harus jadi Sumber yang bahagianya terlebih dahulu. untuk menjadi sahabat yang menyenangkan kita awali dengan menyenangi diri kita. “

Siapaun sangat berkeinginan membahagiakan orang lain disekeliling kita tetapi jangan lupakan apa yang membuat kita bahagia karena syarat utama membuat oranglain bahagia adalah buatlah diri kita terlebih dahulu. untuk menularkan kebahagiaan kita harus jadi Sumber yang bahagianya terlebih dahulu. Salah-salah untuk menyenangkan oranglain kita malah berkorban membabi buta.

How to make frieand and influence karya Andrew carniege memberikan beberapa prinsip yang dapat diterapkan pada hidup kita untuk membentuk pertemanan dan mempengaruhi orang lain, ada banyak prinsip yang dijabarkan namun ada prinsip-prinsip sederhana yang berkesan dan mungkin dapat dicatat, seperti:

1.berhenti mengkritik menyalahkan dan mengeluh pada orang lain
2.beri penghargaan pada orang lain( pujian yang tulus)
3.bangunkan antusiasme orang lain dengan membicarakan yang mereka inginkan.
4.bersungguh-sungguh menaruh minat pada orang lain.
5. membicarakan minat orang lain.
6.Tersenyum.

Ada banyak jalan menuju roma, mungkin ini salah satu cara untuk memperbanyak teman dan menjadi pribadi yang menyenangkan. Tapi satu hal untuk bersahabat dengan orang lain kadang kita harus terlebih dahulu bersahabat dengan diri kita sendiri, prinsip-prinsip diatas bisa di coba untuk diri sendiri

1.berhenti mengkritik menyalahkan dan mengeluh pada diri sendiri
2.beri penghargaan pada diri ( pujian yang tulus)
3.bangunkan antusiasme diri dengan membicarakan yang di inginkan.
4.bersungguh-sungguh menaruh minat pada diri.
5.membicarakan minat diri.
6.Tersenyum.


Catatan: Kamu harus menyenangkan diri sendiri sebelum menyenangkan orang lain.

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers