Membuat Lampu Sederhana Dari Botol Air Mineral


Tahukan Anda Kalau botol sampah plastik bekas air mineral ukuran 2 L bisa diubah menjadi lampu untuk menyinari ruangan. Ide ini awalnya ditemukan oleh insinyur di Brazil. Dia menemukan jika air di dalam botol bisa merefleksikan cahaya matahari dengan baik. Refleksi air ini sangat terang dan bahkan setara dengan lampu bohlam ukuran 50 watt. 

Lampu ini bisa menerangi ruangan di dalam rumah dan bisa menghemat penggunaan listrik.
Cara membuatnya sangat sederhana sekali. 

1.Gunakan botol sampah plastik ukuran 2L yang bening, bukan yang berwarna. 

2.Masukkan air jernih ke dalam botol. Sebaiknya gunakan air yang sudah direbus untuk mengurangi atau menghilangkan kontaminasi alga. Alga ini bisa tumbuh dan menyebabkan botol menjadi keruh. 

3.Kemudian tutup botol plastik dan lindungi botol plastik dengan penutup yang tahan UV, misalnya botol plastik film atau botol apa saja yang berwarna gelap.

4.Langkah berikutnya adalah melubangi atap atau genting seukuran diameter botol. Masukkan botol ini ke dalam lubang yang telah dibuat tersebut. Sepertiga bagian botol berada di luar dan sisanya berada di dalam. Kencangkan atau lem sedemikian rupa sehingga botol tidak jatuh. 

5.Letakkan kembali genting atau atap tersebut seperti semula. Cahaya yang dihasilkan dari botol ini sangat terang, meskipun di saat hari hujan sinar masih tetap bisa dipancarkan ke dalam rumah.

Silahkan Lihat Video Tutorialnya :


Kelemahan lampu botol ini adalah hanya berfungsi di siang hari saja ketika ada cahaya matahari. Meskipun demikian, jika kita bisa menggunakan dengan kreatif, lampu ini bisa menggurangi penggunaan listrik di siang hari. Nah, sepertinya kita perlu memodifikasi atap rumah kita agar cahaya matahari bisa menerangi rumah di siang hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers