Ciri Khas Sinetron Indonesia Saat Ini


Siapa sih yang gak kenal sinetron mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun semua  mengenal sinetron. bahkan bagi sebagian orang hidupnya kurang lengkap hari ini kalau tidak menyaksikan sinetron kesukaannya. Dulu jaman saya kecil (90-an) sinetron indonesia rata-rata bergenre dewasa,maksudnya bergenre dewasa adalah menarget penonton 18 tahun keatas contohnya tersanjung,tersayang, melangkah diatas awan dll, namun sekarang seiring dengan makin populernya sinetron, TV-TV swasta Indonesia berlomba-lomba menyajikan sinetron-sinetron bervariatif mulai dari genre anak-anak,remaja sampai dewasa, ada yang komedi,regili dan horor. Semua mengikuti selera pasar saat ini. Ngomong-ngomong mengenai sinetron berikut ini saya akan mengulas beberapa ciri khas sinetron indonesia saat ini, yang menurut saya cukup menggelikan :D

1. Biasanya ceritanya tidak jauh-jauh dari "rebutan" baik itu rebutan warisan atau warisannya jatuh pada anak atau cucu yang sudah lama hilang atau rebutan kekuasaan, rebutan anak. Kalo adegannya masih sekolah hampir dipastikan ceritanya tentang rebutan pacar dan biasanya yang rebutan yang cewek dan tokoh yang disenangi si cowok anaknya miskin atau pas-pasan dan baru masuk atau pindahan dari sekolah lain (Tapi anehnya bisa masuk sekolah elite). Terus ada yang sudah merasa memiliki si cowok yaitu cewek yang kaya dan punya geng (Biasanya anak kepala sekolah atau yayasan).

2. Tokoh yang baik biasanya melarat, lugu dan bodoh. Gampang dibohongin. Dan paling sering tokoh baik hampir tidak pernah minta tolong pengacara dan menang. Minta tolong polisi juga selalu gagal. Tapi giliran tokoh jahat minta bantuan polisi atau pengacara hampir dipastikan menang. Dan yang paling sering yaitu pengacara dengan gampangnya disuruh mengganti isi warisan dengan diberi imbalan uang banyak (Ini yang merusak citra pengacara. Tapi memang banyak sih, he-he-he). Terus hartanya dikuasai dan seisi rumah diusir (adegan ini asli beuhh parah)

3. Yang jadi orang jahat, biasanya orang yang matanya suka melotot, dan ketawa yang menyeramkan. hi hi hi

4. Kalo sinetron silat, si cewek suka pake kemben pokoknya seksi lah, dan tiap berkelahi pasti pake loncat-loncat setinggi pohon gitu deh dan ada asap2nya gitu, tau deh asapnya dari mana,padahal gak ada orang bakar sampah disitu.  

5. Kalo sinetron anak sekolahan, umumnya si murid suka berpakaian seenaknya, bajunya suka ga dimasukin, ada yang gondrong, ada yang pake rok diatas lutut, pake lipstik, semakin dia tokoh utama, semakin gak tertib pakaian sekolahnya.

6. Kalau adegan tabrakan, umumnya mobil yang melaju tiba-tiba berhenti mendadak, tau-tau si korban sudah terkapar dengan kepala berdarah, tapi kita gak liat tabrakannya gimana. entah kenapa semua sinetron punya adegan ketabrak, seakan2 menggambarkan kenyataan org indonesia yang banyak nembak sim nya.

7. Kendaraan yang dipake si kaya biasanya kalo gak mercy, BMW, ato audy

8. Motor yang suka dipake biasanya motor gede seperti harley, ninja dan kadang-kadang ada yg gak pake helm standar, mana nih pak polantasnya?

9. Penyakit yang sering adalah kanker otak, TBC (Biasanya kalau batuk-batuk terus di tissuenya ada darah). Dan penyakit paling baru dan yang lagi ngetrend di sinetron yaitu: Akibat jatuh atau dengar berita jadi kaget atau kecelakaan terus jadi STROKE + LUMPUH yang menyebabkan jalan cerita nggak jadi selesai (Kenyataannya, hal seperti itu sangat jarang terjadi. Paling-paling patah tulang.

10. Pemeran utama wanita berwajah  cantik kadang jadi pembantu, sedangkan pemeran utama cowok  berwajah ganteng dan biasanya orang kaya atau sebaliknya. sinetron baru mulai kita udah tahu endingnya kalau si ini pacaran sama si ini pada akhirnya.

11. Disalah satu channel swasta indonesia, punya sinetron dimana suara nya di dubbing, sinetronya semi dangdut india, terus tokoh utama cowonya slalu bisa beladiri, dengan sound effect seperti di game.

12. Pasti ada adegan di diskotik, entah itu sinetron remaja, entah itu sinetron horor, sampai sinetron religi

13. Bintang utamanya banyak menggunakan artis blasteran (bule-indo) yang hanya menjual tampang buka kualitas akting *OK Sorry* :(

14.  Yang lebih nggak masuk akal lagi pemeran yang berwajah ganteng Indo blasteran bisa menjadi tokoh gelandangan, atau tukang sate,bubur, tukang becak dll. 

15. Kalo berkelahi sesama laki-laki sampai luka-luka,bonyok nggak merasa sakit. Tapi giliran dipegang sama pacarnya teriak-teriak kesakitan . Oh dunia sinetron indonesia memang aneh. :)

16. Kostum pemain jarang diperhatikan. Biar miskin tetapi bajunya bersih dan masih nampak bekas setrikaannya. Atau seorang pendekar katanya baru datang dari perjalanan jauh dan melelahkan, tetapi bajunya nampak baru keluar dari laundry dan wajahnya fresh tidak berkeringat sama sekali.

17.  Cerita sering dibikin panjang-panjang takut kehabisan bahan dengan alasan ratingnya naik. yah ceritanya mutar disitu-situ aja gak ada endingnya.

18. Pasti di setiap episode ada adegan  menangisnya (Kayaknya hampir semua film deh ada). Tapi di sinetron Indonesia hal ini paling mendominasi di setiap episode, yah biar penontonnnya ikut terharu gitu .

19. Sangat  sering ada adegan menampar, baik itu ibu menampar anak, maupun cowok menampar ceweknya, eh kebalik :D

20. Tidak  ada yang menceritakan keluarga yang harmonis. Hidup memang keras bro :D

 
2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

Nenni samrayani said...

hahahaha gokil

Download Software Full Version Free Crack Keygen Patch Serial said...

Yang jelas, ceritanya g selesai2, n pemainnya selalu nambah2 sampai episode yang kesekian ratus kalinya.

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers