Tips Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Game

Tips Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Game, Beberapa orang tua memberikan fasilitas mainan elektronik kepada anaknya dengan berbagai alasan. Ada yang ingin si anak tidak bermain ke luar rumah, ada yang beralasan tidak bisa menemani bermain sehingga diberikan video game agar si anak bisa bermain sendiri. Di balik kepraktisan memberi mainan video game pada anak, ternyata juga menyimpan beberapa efek buruk. seperti misalnya kecanduan game. Kecanduan game seperti kecanduan narkoba. Mungkin itu kata yang tepat bagi orang yang tidak dapat dipisahkan lagi dengan game, sama halnya seperti orang yang kecanduan narkoba.

Dengan semakin majunya jaman, tentu banyak teknologi yang terus berkebang, contoh saja game. Game mampu membuat orang terpukau sehingga membuat pemainya ingin terus memainkanya.

Namun jika anak terlalu sering bermain (Game), bukan hanya kesalahan anak itu sendiri, melainkan orang tua juga dapat mengakibatkan anak terlalu sering bermain game. Anak cenderung mencari hiburan yang membuatnya bahagia, salah satunya ya bermain game, hal ini di karenakan kurangnya perhatian atau pendekatan kepada anak. Berikut ini beberapa Tips Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Game
 
1. Sadari bila anak kecanduan
Anda perlu untuk mengawasi aktivitas anak dalam bermain. Apakah si anak terlalu attach dengan salah satu permainan, seperti video game. Cara gampang mengetahui bahwa anak kecanduan suatu permainan adalah anak memainkannya setiap hari selama berjam-jam tanpa bosan dan marah bila diminta untuk berhenti.

2. Buat rencana
Setelah mengetahui bahwa anak kecanduan bermain video game, maka Anda dan pasangan bisa menyusun rencana bagaimana cara untuk pelan-pelan menghentikan kecanduan si anak. Melarangnya secara keras dan mendadak menyita video gamenya hanya akan membuat anak marah dan malah menjadi rewel serta tidak menyelesaikan masalah.

3. Memahami Kebutuhan Anak
Berusaha memahami kebutuhan anak, termasuk bahasa anak. Menyelami games-games yang dimainkan supaya bisa menjadi pintu masuk Anda bicara dengan anak.

4. Ajak bermain bersama
Ada beberapa orang tua mengakui bahwa anak-anaknya kecanduan video game karena mereka tidak memiliki waktu untuk menemani si anak bermain. Luangkan waktu Anda untuk mengajak anak bermain permainan lain seperti blocks (lego), bersepeda bersama, bermain bola atau ajak jalan-jalan agar dia tidak melulu bermain di dalam rumah.

5. Beri mainan lain
Anak-anak seharusnya diberikan berbagai mainan yang bisa mengasah otak kreatif mereka. Anda bisa mencoba dengan memberi mereka mainan berupa kardus, gunting, pensil dan lem dan minta mereka untuk membuat sesuatu. Atau bila Anda mampu, Anda bisa membelikan mereka mainan edukatif yang bisa membuat mereka asyik bermain sekaligus belajar.

6. Cegah untuk kembali kecanduan
Anak Anda sudah asyik dengan mainan-mainan lain selain video game? jangan lengah. Pastikan si anak tidak lagi attach dengan video gamenya. Batasi waktu bermain game mereka dan beritahu mereka efek buruk video game bagi kesehatan mata. Selalu beri anak kebebasan untuk bermain permainan lain selama tidak membahayakan agar dia tidak kembali kecanduan.


Anak-anak sebenarnya butuh bimbingan orang tuanya untuk mengarahkan mereka dalam berbagai hal termasuk bermain. Mampu memberikan mainan bukan berarti kewajiban orang tua untuk menemani anak menjadi hilang. Justru selalu kontrol dan awasi kegiatan bermain mereka agar tidak kecanduan dan berakibat buruk.

Demikian postingan tentang   Tips Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Game, Semoga Dapat bermanfaat dan menambah wawasan terutama kepada ibu-ibu yang mempunyai anak yang kecanduan bermain game.



Dikutip dari vemale.com dan sumber-sumber lainnya
5 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

5 komentar:

cak oni said...

bisa saya praktekan nih kang ke teman saya :d

Bocah Kampoenk said...

@cak oni:hahaha boleh2..bukan cuma anak2 yang kecanduan game..orang dewasa juga :D

MaYa KayLa said...

Makasih atas tips nya sOb,,,,
semoga bisa membantu,,,

Hanif said...

wah kalo anak yang kecanduan ngeblog anda tipsnya nggak bro, mau dipraktekkan ke saya sendiri nih XD

Mas Nazar said...

Kaya aku nih .. :( Sudah kecanduan ...

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers