7 Tips Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas

7 Tips Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas, Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tidur cukup di malam hari. Tidur bukan hanya sekedar kebutuhan, namun lebih dari itu, tidur malam yang cukup sebenarnya banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Tidur malam dapat sebagai penghilang stres yang besar dan juga meningkatkan produktifitas dalam berkegiatan.
 
Dengan tidur cukup pada malam hari dapat mengurangi serangan depresi atau kecemasan . Oleh karena itu sangat penting untuk menempatkan tidur yang cukup di malam hari sebagai prioritas. Namun terkadang Anda susah untuk tidur malam dengan nyenyak. Bagaimana mengatasinya?

Seorang psikolog klinis dan diplomat dari American Board of Sleep Medicine Dr. Michael Brues, Ph.D, menjelaskan bahwa semua orang cukup tidur di malam hari dan bangun pagi untuk melakukan aktivitas di pagi hari akan mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari yang baik bagi kulit dan juga kesehatan tubuh lainnya. Untuk itu diperlukan tidur malam yang berkualitas.

Berikut 7 cara mendapatkan tidur malam yang berkualitas menurut Dr. Michael Brues :

1. Matikan Televisi dan Komputer

Matikan televisi, telepon genggam, laptop, dan semua jenis gadget di kamar satu jam sebelum tidur.

2. Tulis hal-hal pengganggu pikiran Anda

Buatlah daftar tentang apa saja yang Anda khawatirkan atau pikirkan sehingga membuat sulit untuk tidur. Anda bisa mempelajarinya kembali esok hari dan berusaha untuk tidak berpikir tentang itu. Dr. Breus menegaskan bahwa cara ini sangatlah efektif jika Anda benar-benar melakukannya.

3. Atur alarm tidur

Alarm tak hanya untuk bangun tidur. Pasanglah juga alarm untuk mengingatkan Anda waktunya pergi tidur lebih awal. Kebiasaan ini akan membantu Anda lebih disiplin untuk tidur.

4. Hindari pekerjaan kantor

Malam hari bukan waktunya bekerja, namun sepenuhnya untuk istirahat demi menjaga kesehatan Anda. Hentikan membaca email yang menyangkut pekerjaan Anda karena tidur malam yang cukup dapat meningkatkan produktivitas kerja saat di kantor.

5. Olahraga di pagi hari

Orang yang berolahraga di pagi hari membuat tidur malam lebih cepat, mendapat kualitas tidur terbaik, dan bangun lebih awal.

6. Biasakan tidur dengan jam rutin

Mengubah-ubah waktu tidur akan mengganggu jam biologis Anda sehingga tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tidurlah pada jam yang rutin dan jalankan dengan konsisten untuk membantu mempermudah tidur lebih cepat dan berkualitas.

7. Segeralah tidur saat merasa lelah

Jangan memaksakan diri untuk untuk tetap terjaga di malam hari saat tubuh sudah merasa lelah dan mengantuk. Memaksakan diri seperti itu dapat mendorong energi sementara pada tubuh sehingga saat bangun di keesokan harinya akan membuat badan terasa tidak enak dan membuat Anda tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Demikian Postingan tentang 7 Tips Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas,semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. artikel ini disadur dari DuniaFitnes.com dan tentunya dengan sedikit perubahan narasi. Terima Kasih
7 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

7 komentar:

dunia maya said...

no 1 sOb,,,,,
saking teledornya malah tlevisi yg nonton kita tidur

cak oni said...

kalau jam rutin saya tidur jam 7 atau jam 8 kang :)

Unknown said...

ane kalo mau tidur sambil dengerin lagu mas...pasti langsung ngiler dah :D

Anonymous said...

Tidur tengkurep aja mas ... :D

dunia maya said...

buat pulau

dunia maya said...

awal banget om?

Jocker said...

waduh, kalo terkadang kalo blogging ame malem, kelupaaan , laptop nyala , ane tifur :D

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers