Tanda-Tanda Fisik Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya


Mengetahui kadar kolesterol dalam darah penting artinya sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit pembuluh darah dan jantung. Pemeriksaan biasanya dapat dilakukan dengan tes darah di laboratorium. Pemeriksaan sederhana dapat menunjukkan angka kolesterol total, sedangkan pemeriksaan yang lebih kompleks dapat menunjukkan informasi tambahan berupa angka high density lipoprotein (HDL), low density lipoprotein (LDL), dan trigliserida. 

Pemeriksaan kadar kolesterol sebaiknya dilakukan rutin untuk terus memantau kesehatan secara keseluruhan. Namun selain melalui pemeriksaan darah, sebenarnya ada tanda-tanda fisik yang dapat dicermati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol total dalam darah.

Apa saja tanda-tandanya? Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Sahid Sahirman dr. Aulia Sani memaparkan beberapa gejala yang perlu diwaspadai.


1. Sering pusing belakang kepala

Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan ini terjadi lantaran kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika dibiarkan maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke.


2. Tengkuk dan pundak pegal

Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.


3. Sering pegal di tangan dan kaki

Pembuluh darah di tangan dan kaki juga dapat tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Pegal di tangan dan kaki akibat penumpukan kolesterol biasanya terjadi terus menerus meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.


4. Sering kesemutan di tangan dan kaki

Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.


5. Dada sebelah kiri seperti tertusuk

Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan rasa nyeri bisa menjalar hingga ke daerah di sekitar leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.

Adapun cara menurunkan kadar kolesterol, Selain melakukan konsultasi langsung dengan dokter ahli, maka cara menurunkan kolesterol secara alami dapat juga dilakukan dengan berbagai langkah-langkah yang mudah, khususnya hanya dengan merubah pola makan yang kurang sehat dan selama ini Anda geluti, paling tidak dapat menurunkan kada kolesterolsebanyak 10-20 persen dari dalam tubuh. dan untuk lebih amannya konsumsilah makanan dengan kadar asam lemak jenuh kurang dari 7% . 


Berikut ini adalah pilhan makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara cepat :

1. Gandum 
Seorang ahli nutris yang bernama  Colleen Pierre, R.D dari Sports Medicine Center at Union Memorial Hospital, di Baltomore, merekomendasikan bahwa gandum berkhasiat untuk menurunkan kolesterol karena bahan makanan ini kaya akan serat dan juga mudah larut.
2. Buncis
Sayuran ini juga merupakan salah satu sumber serat yang mudah larut dan melancarkan sistem pencernaan. 
3. Wortel
Menurut Tory Hudson, N.D yang menjadi salah satu penulis The Women’s Encyclopedia of Natural Medicine menyatakan meskipun wortel bukan sumber makanan serat larut yang baik  namun dari hasil penelitian membuktikan jika mengkonsumsi disaat sarapan sedikitnya sepotong wortel mentah akan menurunkan kolesterol hingga 11% karena wortel ini mengandung serat yang tidak larut yang bermanfaat dalam membantu melancarkan fungsi pencernaan, serta mempercepat proses berkurangnya kolesterol dalam tubuh.
4. Minyak Zaitun
menurut Bettye Nowlin, M.P.H., R.D (ahli nutrisi dari Los Angeles) menyatakan bahwa minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang ketika menjadi bagian dari sebuah lemak rendah akan berfungsi membantu mengatur kadar kolesterol.
5. Kedelai
Bahan makanan ini memang sangat kaya akan serat, anda dapat menkonsumsinya secara langsung ataupun dalam bentuk olahan seperti dicampur dengan sayur ataupun terlebih dahulu  diolah menjadi tahu, tempe, susu kedelai dan lain-lain.


Demikianlah informasi tentang Tanda-Tanda Fisik Kolesterol Tinggi, dan berbagai makanan yang dapat  menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Jagalah kesehatan anda dari sekarang jika tidak ingin menyesalinya kemudian hari. 

*Dari Berbagai Sumber*
9 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

9 komentar:

Wahyu basofii said...

Akhir2 ini saya mengalami gejala seperti no 3 dan 4 mas,,

bocah kampoenk said...

@Wahyu basofii: Jaga kesehatan sob...selalu atur pola makan...

Mas Nazar said...

Semoga saya tidak termasuk .. :D

MaYa KayLa said...

ane pegal smua seluruh badan sOb,,,,

MaYa KayLa said...

nais inpoh sob,,,,

bermanfaat tuk kita,semua,,
agar selalu menjaga kesehtan,,,
apalagi kalau kelebihan kolestrol,,,

cak oni said...

kalau saya sering kesemutan saja kang

rakadinata said...

kolestrol saya untung aja gak tinggi.. hihihihi

Mas Nady said...

wah kok semua ciri ciri diabetesnya ada pada saya sob.. sering pegal di punggung dan gampang kesemuta.. waduhh... bahaya nih sob.. makasih info dan tipsnya.. akan saya usahakan untuk mengatasinya sob...

Thedragao Blog [ Sharing Ilmu ] said...

blogwalking gan,,,sekedar silaturahmi sesama blogger :)

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers