Penyebab,Gejala dan Pengobatan Penyakit Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk kacang yang terletak di kedua sisi tulang belakang di tengah bawah dari belakang. Setiap ginjal memiliki berat sekitar 1/4 pon dan berisi sekitar satu juta unit penyaringan yang disebut nefron. Setiap nefron terdiri dari glomerulus dan tubulus. Glomerulus adalah miniatur penyaringan atau pengayakan perangkat sementara tubula adalah tabung kecil seperti struktur melekat pada glomerulus.
Ginjal yang terhubung ke kandung kemih dengan tabung yang disebut ureter. Urin disimpan dalam kandung kemih sampai kandung kemih dikosongkan dengan buang air kecil. Kandung kemih terhubung ke bagian luar tubuh dengan tabung lain seperti struktur disebut uretra.

 
Fungsi utama ginjal adalah untuk mengeluarkan produk sisa dan kelebihan air dari darah. Proses ginjal sekitar 200 liter darah setiap hari dan menghasilkan sekitar dua liter urin. Produk limbah yang dihasilkan dari proses metabolisme normal termasuk kerusakan jaringan aktif, makanan tertelan, dan zat lainnya. Ginjal memungkinkan konsumsi berbagai makanan, obat-obatan, vitamin dan suplemen, aditif, dan kelebihan cairan yang beracun tanpa khawatir oleh-produk akan membangun hingga tingkat berbahaya. Ginjal juga berperan besar dalam mengatur tingkat berbagai mineral seperti kalsium , natrium , dan kalium dalam darah.

 

Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang mendasari, gangguan atau kondisi yang menyebabkan kerusakan ginjal, seperti obstruksi, infeksi, keganasan, peradangan, kelainan bentuk, menelan racun, atau suplai darah yang berkurang ke ginjal. Penyebab meliputi:
1. Diabetes, yang dapat merusak ginjal dari waktu ke waktu
2. Penyakit yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada ginjal, seperti nefritis dan glomerulonefritis
3. Hipertensi (tekanan darah tinggi) Infeksi, seperti infeksi kandung kemih berulang, pielonefritis (infeksi ginjal), atau septicemia (infeksi darah)
4. Intravena (IV) penyalahgunaan obat
5. Kanker ginjal
6. Overdosis obat-obatan tertentu, atau penggunaan jangka panjang obat tertentu, seperti obat anti-inflammatory drugs (NSAID). Contoh OAINS termasuk ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve, Naprosyn).
7. Penyakit ginjal polikistik (penyakit warisan yang menyebabkan pembentukan kista besar dalam ginjal yang merusak jaringan ginjal)
8. Berkurangnya aliran darah ke ginjal karena shock atau stenosis arteri ginjal (penyempitan arteri ginjal)
9. Lupus eritematosus sistemik (gangguan di mana tubuh menyerang sel sendiri sehat dan jaringan) dan penyakit autoimun lainnya yang dapat menyerang ginjal
10. Trauma atau cedera pada ginjal atau arteri yang memasok darah ke ginjal
11. Obstruksi saluran kemih, yang dapat disebabkan oleh batu ginjal, tumor, kelainan bawaan, atau pembesaran prostat kelenjar


Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal bervariasi sesuai dengan penyebab yang mendasari. Gejala umum dapat termasuk:

1. Berubah warna urin
2. Kesulitan buang air kecil
3. Kering dan gatal kulit
4. Mudah memar
5. Kelelahan
6. Urin berbau busuk 
7. Sering buang air kecil
8. Kejang otot
9. Nyeri buang air kecil
10. Pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki
11. Mendesak buang air kecil
12.Gejala yang tidak jelas, seperti kelelahan , sulit tidur, nafsu makan menurun, atau umumnya tidak enak badan
   

Pengobatan Umum Penyakit Ginjal

Untuk semua jenis dan penyebab penyakit ginjal, rencana pengobatan umumnya meliputi:

1. Diet rendah garam 
2. Monitoring dan kontrol tekanan darah
3. Tidak merokok atau berhenti merokok
4. Prompt pengobatan infeksi kandung kemih
5. Reguler perawatan medis
6. Penurunan berat badan sesuai kebutuhan dan pemeliharaan berat badan yang sehat

 
Besar harapan Kita semua dengan adanya artikel Penyebab,Gejala dan Pengobatan Penyakit Ginjal ini bisa menambah luas wawasan pembaca. Walaupun memang sangat singkat namun semoga bisa berguna bagi semuanya. Jika seandainya diantara pembaca ada yang merasakan gejala-gejala diatas maka segeralah memeriksakan diri ke dokter terdekat sebagai penanganan pertama agar tidak sampai parah.
Dan ketika sudah ditangani secara intensif, maka pasti ada pengobatan yang bisa mengurangi gejala-gejala yang timbul tersebut. Jagalah kesehatan anda dan juga ginjal anda


3 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 komentar:

cak oni said...

apalagi yang namanya diabetes militus kang , itu mah ganas penyakitnya

penyakit said...

penyakit itu semuanya berbahaya

Ucok Nanggolo said...

Terimakasih artkelnya sungguh sangat membantu kita dalam upaya mencari kesembuhan dari penyakit ginjal

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers