Inilah 10 Keluarga Paling Kaya di Dunia

Nama Bill Gates pasti tak asing lagi di telinga kita sebagai orang paling kaya di dunia. Namun bagaimana jadinya jika sebuah keluarga mengelola bisnis bersamaan dan menyimpan sejumlah saham di berbagai perusahaan global. Tentu pundi-pundi kekayaannya mereka akan kian bertumpuk.terdapat beberapa miliarder dunia yang mewarisi kekayaan pada keluarganya.

Kekayaan itu ternyata tak dihabiskan begitu saja, tapi dikelola dan diputar agar menghasilkan lebih banyak uang. Hasilnya mereka pun kian menancapkan dinasti keluarganya di dunia.  Inilah  10 keluarga paling kaya di dunia:

1. Carlos Slim Helu dan Keluarga

Jumlah kekayaan: US$ 73 miliar (Rp 830,08 triliun)

Carlos Slim Helu merupakan kepala keluarga terkaya di dunia. Keluarga tersebut memiliki perusahaan keuangan Grupo Financiero Inbursa serta perusahaan ritel dan industri, Grupo Carso.

Dia dan keluarganya juga memiliki perusahaan telepon genggam yang beroperasi di kawasan Amerika Latin, America Movil. Perusahaan alat komunikasi itu memiliki saham di KPN, Belanda dan Telekom, Austria.

Sektor bisnis keluarganya juga mencakup infrastruktur, pertambangan dan real estate. Anak-anaknya, Marco Antonio dan Patric bertanggung jawab di beberapa perusahaannya. 

2. Liliane Bettencourt dan Keluarga
 

Jumlah kekayaan: US$ 30 miliar (Rp 341,1 triliun)

Keluarga Bettencourt mewarisi kekayaannya dari kepala keluarganya yang memiliki 30% saham LOreal, raksasa perusahaan kosmetik di Perancis.Meski demikian, anggota keluarganya tak akur satu sama lain. Liliane merupakan wanita terkaya di dunia saat ini berusia 90 tahun dan berusia sangat tua.

Dia mendorong anak dan cucunya untuk menggantinya. Dia berharap cucunya, Jean Victor mau bertanggung jawab melanjutkan bisnis LOreal.

Wanita kaya ini juga dilaporkan telah memberikan hadiah US$ 1 miliar pada seorang fotografer bernama Francois Marie Banie. 

3. Bernard Arnault dan Keluarga 
 
Jumlah kekayaan: US$ 29 miliar (Rp 329,7 triliun)

Bernard Arnault merupakan pimpinan sekaligus CEO perusahaan barang-barang mewah berskala internasional yang berbasis di Perancis, Moet Hennessy Louis Vuitton atau LVMH.

Keluarganya juga memiliki saham di Christian Dior. Pria asal Perancis ini sempat mengundang kontroversi saat mengajukan izin berkewarganegaraan Belgia. Banyak orang yakin hal ini berkaitan dengan rezim pajak di negara asalnya. 

4. Christy Walton dan Keluarga 

Jumlah kekayaan: US$ 28,2 miliar (Rp 320,6 triliun)

Christy merupakan janda dari John Walton salah satu anak dari Sam Walton, pendiri Wal-Mart. Setelah Sam meninggal, anak-anaknya mengambil alih saham di perusahaan tersebut.

John meninggal pada 2005 akibat kecelakaan pesawat dan meninggalkan Christy bersama seorang anaknya. Dia beserta keluarga mewarisi seluruh kekayaan John termasuk dividen Wal-Mart bernilai hingga US$ 430 juta pada 2012. Investasi sampingan di First Solar juga meningkatkan kekayaannya lebih dari keluarga kandung Walton lainnya. 

5. Michele Ferrero dan Keluarga 

Jumlah kekayaan: US$ 20,4 miliar (Rp 231,9 triliun)

Setelah Pietro Ferrero meninggal pada tahun 1950-an, seluruh bisnis coklatnya jatuh ke tangan anaknya Michele Ferrero. Dia berupaya keras mengembangkan bisnis warisan ayahnya tersebut menjadi produsen gula-gula terbesar di dunia. Sejumlah produk yang telah dikeluarkannya termasuk  Ferrero Rocher hazelnut chocolates, Nutella and Tic Tac.

Perusahaan Italia ini memiliki lebih dari 70 cabang perusahaan dan 15 lahan produksi coklat dengan 22 ribu karyawan. Perusahaan tersebut tercatat sangat kuat di kawasan Amerika Serikat (AS), Rusia dan Brasil, tiga dari negara-negara terbesar di dunia.

Dia memiliki dua anak laki-laki Pietro dan Giovani. Saat ini Giovanni menggantikan almarhum ayahnya menjadi CEO di seluruh perusahaan Ferrero Group. 

6. David Thomson dan Keluarga

Jumlah kekayaan: US$ 20,3 miliar (Rp 230,8 triliun)

Keluarga Thomson memiliki perusahaan swasta bernama Woodbridge yang dipimpim David Thomson dan adiknya Peter. Keluarga tersebut memiliki 55% perusahaan media informasi bernama Thomson Reuters.

David berperan sebagai pemimpin direksi di perusahaan tersebut, seperti surat kabar Globe dan Mail di Kanada. Keluarga tersebut juga memiliki saham di IHS dan Strategic Hotel and Resorts, perusahaan pengelola investasi real estate. 

7. Thomas & Raymond Kwok dan Keluarga

Jumlah kekayaan: US$ 20 miliar (Rp 227,4 triliun)

Pemilik perusahaan properti di Hong Kong Thomas & Raymond Kwok. Bersama dengan ibunya, Kwong Siu-hing, keluarga tersebut mengelola Sun Hung Kai Propertis, pemain dominan di bidang industri real estate.

Kepala keluarganya yang mendirikan perusahaan tersebut telah meninggal pada 1990. Dua bersaudara tersebut saat ini dikabarkan terlibat skandal bernilai US$ 4 juta dan tengah menunggu panggilan persidangan. 

8. Theo Albrecht Junior dan Keluarga 

Jumlah kekayaan: US$ 18,9 miliar (Rp 214,9 triliun)

Pria ini merupakan anak satu-satunya dari Theo Albrecht yang mendirikan perusahaan grosir besar di Jerman dan di kawasan Eropa pada 1960-an.

Setelah Albrecht meninggal dia meninggalkan seluruh kekayaannya pada dua anak laki-lakinya Theo Jr. dan Berthold. Namun sayangnya, pada 2012 lalu Berthold meninggal dunia.

Dia meninggalkan satu orang istri dan lima anak. Seluruh bisnis yang ditinggalkan ayahnya dikelola bersama oleh pihak keluarga. 

Keluarga tersebut memiliki sejumlah saham di berbagai perusahaan. Diantaranya adalah Aldi Nord, supermarket Jerman dan ritel grosir AS, Trader Joes. 

9. Alberto Bailleres Gonzalez dan Keluarga 

Jumlah kekayaan: US$ 18,2 miliar (Rp 206,9 triliun)

Keluarga miliarder Meksiko Alberto Bailleres Gonzales memliki saham di berbagai sektor dan industri lewat perusahaannya, Group Bal.

Gonzalez merupakan pimpinan pertambangan perak terbesar dunia bernama Industrias Penoles. Keluarganya juga juga mengelola sejumlah supermarket Grupo Palacio de Hierro, perusahaan asuransi Grupo Nacional Provincial, dan perusahaan penyedia dana pensiun Grupo Profuturo. Keluarga Gonzales juga memiliki saham di FEMSA, perusahaan produsen botol Coca cola. 

10. Iris Fontbona dan Keluarga

Jumlah kekayaan: US$ 17,4 miliar (Rp 197,8 triliun)

Saat miliarder asal Chili Andronico Luksic meninggal pada 2005, dia mewariskan seluruh bisnisnya pada keluarganya yaitu sang istri Iris Fontbona dan ketiga anaknya, Jean Paul, Andronico, dan Guillermo.

Keluarga tersebut mengendalikan salah satu tambang tembaga terbesar di dunia bernama Antofagasta. Iris dan ketiga anaknya juga memiliki saham di perusahaan produsen minuman Quinenco.

Keluarga Fontbona juga memiliki saham di sektor perbankan, energi, jasa dan transportasi. Tak hanya itu, dua resort di Kroasia juga tercatat milik keluarga tersebut.

Demikian Informasi terkait 10 keluarga paling kaya di dunia, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.(source)
1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 komentar:

Em Albar said...

wah bilgates ngak masuk ya

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers