5 Penyebab Periode Menstruasi Tak Teratur



Menstruasi adalah tamu bulanan yang rutin datang mengunjungi wanita setiap bulannya. Wanita sehat akan mengalami menstruasi lancar atau rutin setiap bulannya dan dapat diprediksi tanggalnya. Telat kedatangan tamu bulanan atau tidak menstruasi selama beberapa bulan bukan berarti hamil. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor.

Inilah hal yang menyebabkan periode menstruasi terganggu :

1.  Sedang minum obat tertentu
Sedang menjalani pengobatan juga bisa menjadi alasan tidak mengalami menstruasi. Mengkonsumsi resep obat-obatan tertentu  seperti obat anti depresan, obatan asma dan sejenisnya dari dokter kadang memiliki efek samping terhadap siklus menstruasi. Konsultasikan pada dokter efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.

2. Gangguan pada kelenjar tiroid
Tiroid adalah kelenjar yang terletak di bagian leher depan.  Kelenjar ini berkaitan dengan produksi hormon tubuh. Bila tiroid mengalami gangguan ini dapat memicu sistem hormonal.  Kelebihan hormon tiroid bisa jadi salah satu penyebab menstruasi tidak normal. 

3. Stress
Saat stress, banyak fungsi tubuh yang terganggu dan salah satunya adalah kinerja produksi hormon tubuh yang juga ikut jadi terganggu. Hal ini dapat mempengaruhi menstruasi, dan mengakibatkan periodenya yang terganggu. Stress bisa membuat tamu bulanan ini telat datang atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali.
 

4. Hormon yang tidak seimbang
Ketidakseimbangan hormon seringkali dialami oleh para wanita. Produksi hormon sendiri sangat berkaitan dengan menstruasi bagi wanita. Hormon yang tidak seimbang akan mengarah pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Jadi tidak menstruasi bukan berarti karena hamil. Tapi, bisa saja hal tersebut terjadi karena produksi hormon yang tidak seimbang. Bagi yang mengalami masalah ini baiknya segera berkonsultasi ke dokter ahli.

5. Olahraga ketat
Olahraga memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tapi segala hal yang berlebihan jatuhnya malah bisa berakibat buruk. Wanita yang melakukan olahraga berat dan ketat rentan mengalami masalah menstruasi. Karena aktivitas tersebut bisa mempengaruhi siklus menstruasi dan  dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar.

Demikian 5 Penyebab Periode Menstruasi Tak Teratur, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat khususnya bagi wanita  (www.waspada.co.id)
2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

blog-kangsun said...

Wahhhh...khusus wanita nih, salah masuk kamar, wkwkwkwkwk....

cak oni said...

salah baca artikel kang :D

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers