Tips Sehat Menjadi Vegetarian



Selain alasan spiritual, sekarang ini sudah mulai banyak orang yang beralih menjadi vegetarian dengan alasan untuk menjalani pola hidup sehat. Seperti kita tahu, seseorang yang menjalani pola hidup bervegetarian menu kesehariannya adalah sayur-sayuran, kacang-kacangan dengan hasil olahannya seperti tahu dan tempe. Tak ketinggalan buah-buahan.

Hidup bervegetarian adalah kembali ke alam dengan menikmati makanan yang penuh gizi dan protein dari alam sekitar.Selain sudah jelas menyehatkan tubuh, dengan hanya mengkonsumsi sayur-mayur itu membantu alat pencernaan tubuh kita tidak bekerja keras untuk mengolahnya. Karena sayur-sayuran yang kita santap lebih cepat dicerna dibandingan dengan mengolah daging.

Intinya bervegetarian tujuannya adalah pola hidup yang sederhana tapi menyehatkan. Jadi semaksimal mungkin usahakan menghindari makan yang berlebih dan makanan olahan yang sudah mengandung bahan pengawet.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar pola hidup bervegetarian itu bermanfaat bagi kesehatan:
  1. Hindari bahan makanan vegetarian yang diolah menyerupai daging dengan berbagai rasa. Sama halnya dengan bahan makanan non vegetarian, makanan olahan tersebut sudah menggunakan bahan pengawet. 
  2. Hindari penggunaan bumbu masak seperti garam dan fetsin yang berlebihan. Lebih bagus dilalap atau direbus. Sebagai pengganti fetsin atau MSG bisa menggunakan gula pasir. 
  3. Yang penting juga adalah minum air putih yang cukup. Dalam hal ini kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan. Jadi sebenarnya kita sendiri yang bisa mengetahui kondisi kita. 
  4. Hindari makanan yang digoreng secara berlebihan. Makanan yang digoreng memang terasa enak, tapi tidak baik untuk kesehatan. Apalagi makanan gorengan itu dibeli dari luar. Dipastikan kebersihannya tidak terjamin.
  5. Usahakan menu makan yang bervariasi di antara sayur mayur yang tersedia di pasaran. Hindari mengkonsumsi sayuran yang sama setiap harinya. 
  6. Usahakan mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah lokal yang banyak tersedia. Karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
Cukup sederhana bukan? Tapi hasilnya pastinya tidak sederhana. Sebab dengan bervegetarian secara sehat, kondisi tubuh jadi prima, emosi stabil, kulit jadi halus, peredaran darah lancar, jadi awet muda, dan yang pasti menghemat pengeluaran. Bervegetarian juga dipercaya akan memperjang umur, karena didukung hidup yang sehat.

penulis : Katedrarajawen (kompasiana)

sekedar informasi : Penulis adalah pelaku vegetarian aktif selama sekitar 14 tahun yang tidak mengkonsumsi  tembakau dengan hasil olahannya dan bawang-bawangan.
3 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 komentar:

nandarious said...

sehat banget kayanya :D

cak oni said...

Nice tips kang :D

pia legong bali said...

makasih tipsnya kang salam sukses

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers