Ada Apa Dengan PSM Makassar ?



Bagi pemerhati dan penggila sepak bola tanah air, apalagi yang berdomisili di Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar dan sekitarnya pasti sangat familiar dengan Klub PSM Makassar. Bersama Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan Persipura Jayapura, PSM Makassar merupakan kekuatan tradisional persepakbolaan tanah air sejak era perserikatan. Pertemuan tim-tim tersebut selalu  menyita emosi dan tengsi tinggi pemain dan penonton dengan sangat luar biasa.

Sejarah perkembangan dan hingar bingar sepak bola tanah air tidak bisa dilepaskan dari sejarah dan perjalanan panjang PSM Makassar. Dalam perjalanannya, PSM Makassar telah banyak menorehkan prestasi, baik ditingkat nasional (mulai dari era perserikatan) maupun regional. Salah satunya  adalah prestasi PSM menjuarai Liga Indonesia dan kemampuannya menembus  delapan besar Liga Champions Asia. Termasuk sumbangsih PSM Makassar dalam memberikan kontribusi pemain ke tim nasional.

Dengan sejarah panjang dan prestasi sebagai tim besar, sungguh sangat miris dan kontras dengan apa yang dialami oleh PSM Makassar saat ini. Selain dibelit persoalan finansial, PSM Makassar terancam tidak dapat mengikuti kompetisi level tertinggi sebak bola nasional sebagai unifikasi liga LSI dan IPL pada musim kompetisi tahun depan. Jika nantinya benar PSM Makassar bermain dikompetisi level dua, tentunya ini menjadi kerugian yang sangat besar bagi komunitas sepak bola dan pencinta PSM Makassar.
Skuad PSM Makassar 2013


Jika indikatornya adalah prestasi, secara jujur harus diakui bahwa perkembangan PSM Makassar saat ini ada pada fase yang mengkhawatirkan. Sejak memilih berkompetisi di IPL yang dikelola oleh PT LPIS, hingar bingar persepakbolaan di tingkat lokal (Makassar) yang ditandai oleh hingar bingar PSM Makassar pada saat melakukan pertandingan sudah sangat menurun. Termasuk kontribusi pemain PSM Makassar terhadap tim nasional juga sangat menurun drastis (saat ini hanya Rasyid Bakri yang dilirik Tim U 23).

Headline berita olahraga koran lokal yang biasanya mengulas tentang kemenangan dan prestasi PSM Makassar, setiap harinya menyajikan berita kemelut internal, mogok pemain, keterlambatan gaji, dan persoalan finansial lainnya.

Lalu masih adakah sisa kebanggan yang dapat menjadi berita dari PSM Makassar? sosoknya yang pernah sangat ditakuti oleh tim-tim lawan seolah sekarang tak bertaji (kontras dengan julukannya sebagai ayam jantan dari timur).

Sebagai salah satu penggemar sepak bola (termasuk PSM Makassar) tentunya sangat berharap ada perubahan mendasar dari sisi pengelolaan yang dapat membawa PSM Makassar kembali berjaya

Salam Sepak Bola Tanah Air
Asmuddin AS (kompasiana)
3 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 komentar:

Mas Nazar said...

Sayang sekali jika tim sekelas PSM Makasar harus main di liga ke 2

nandarious said...

semoga aja ya gan :)

kolongtulis said...

benar2 sangat disayangkan walaupun PSM makassar bukan jagoan saya.

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers