Berbagai Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kopi (wartabumi.com)
Berbagai Manfaat Kopi Bagi KesehatanKopi tidak dapat dilepaskan dari budaya Indonesia. Karena sejak jaman dahulu Indonesia terkenal sebagai surganya kopi. Berbagai daerah seperti Pulau Sumatra merupakan produsen kopi di Indonesia. Dan bagi para penikmatnya, kopi seperti tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari. Hingga ada peribahasa lebih baik tidak makan dari pada tidak ‘ngopi’. Tahukah Anda, minuman yang biasanya menemani waktu bersantai ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh seperti, berikut ini berbagai manfaat kopi bagi kesehatan, silahkan disimak !

1. Membantu Menyehatkan Sistem Reproduksi
Guys, jika Anda sedang mencari minuman untuk menurunkan risiko kanker prostat, dan wanita menurunkan risiko kanker endometrium, maka biasakan kamu untuk minum kopi! Sebuah studi 2011 menemukan bahwa pria mengonsumsi setidaknya enam cangkir atau lebih sehari mengalami penurunan risiko kanker prostat sebesar 20 persen! Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi sehari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker endometrium.

2. Dapat Menurunkan Risiko Kematian.
Kita semua akan mati pada akhirnya, tapi kopi tampaknya memperpanjang “ketika” bagi individu dengan kondisi kronis tertentu seperti penyakit jantung dan diabetes, menurut sebuah studi besar 2012. Bahkan, studi ini menemukan bahwa semakin banyak kopi (tiga atau lebih cangkir sehari), semakin rendah risiko kematian terlepas dari apakah partisipan minum kopi berkafein atau bebas kafein. Temuan serupa dengan studi besar lain yang diterbitkan pada tahun 2008.

3. Membantu Melindungi Otak Anda.
Peminum kopi lebih cenderung untuk menolak perkembangan demensia dan Alzheimer di kemudian hari menurut sebuah studi 2009. Studi lain yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa hanya bau kopi membantu mengurangi stres yang berhubungan dengan hilangnya tidur. Jadi, jika Anda tersenyum saat Anda bangun dari tempat tidur dan berjalan ke arah teko kopi, mungkin ada alasan mengapa!

4. Membantu Menurunkan Risiko Terkena Diabetes Tipe 2.
Sebuah studi 2012 menemukan bahwa senyawa dalam kopi benar-benar membantu untuk memblokir suatu zat dalam tubuh yang disebut human islet amyloid polypeptide yang mungkin memainkan peran dalam perkembangan diabetes. Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi berkafein dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes juga.

5. Bermanfaat  Untuk Kulit.
Minum kopi dapat membantu Anda untuk menangkal diagnosis dari kebanakan penyakit kanker kulit! Sebuah studi dalam jurnal Cancer Research yang khusus mengamati kafein dalam kopi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena karsinoma sel basal.

6. Membantu Anda Pulih Setelah Operasi Usus Besar.
Jika Anda pernah menjalani operasi, Anda tahu salah satu tanda besar pemulihan adalah kembalinya fungsi usus. Satu studi menemukan bahwa konsumsi kopi membantu untuk mempercepat pemulihan ini bila dibandingkan dengan peminum air.

7. Membantu Anda memperkuat otot-otot dan DNA Anda.
Sebuah penelitian di jurnal Cell Metabolism menemukan bahwa kafein benar-benar memiliki efek yang sama dengan molekul DNA kita dalam otot sebagai latihan (sekarang, ini tidak berarti Anda dapat berhenti berolahraga). Penelitian ini melihat secara khusus pada perubahan DNA otot pada individu dan menemukan bahwa efek positif dari kopi yang sama dengan efek yang berasal dari latihan. Yang paling menarik faktor dalam penelitian ini adalah fakta bahwa perubahan positif terlihat agak cepat.


8. Dapat Membantu Untuk Mengurangi Risiko Kanker Mulut.
Meskipun studi tentang konsumsi kopi dan penurunan risiko kanker terbatas, sebuah studi besar baru-baru ini menemukan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari memiliki risiko 50 persen lebih rendah dari kematian akibat kanker mulut dalam kurun waktu 25 tahun.

Demikian ulasan saya tentang Manfaat Kopi Bagi KesehatanSemua kembali lagi ke tubuh kita. Karena ketahanan tubuh masing-masing orang berbeda. Hasil penelitian di atas di lakukan pada orang-orang secara umum. Sehingga disarankan agar mengkonsumsi kopi pada tahapan cukup saja dan jangan terlalu berlebihan.


  • dikutip dari berbagai sumber
2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

Sunandar said...

wah ngopi dulu yu :D

cak oni said...

Ngopi pagi sangat enak kang :)

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers