7 Cara Menghindari Migrain yang Terbukti Ampuh


Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual dan muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migrain kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan migrain.


Untuk menghindari obat, lebih baik hindari risiko migrain. Berikut ini tujuh hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari migrain seperti di kutip tempo.co


1. Kafein
Kafein dinyatakan sebagai peredam sakit kepala. Namun, jika terlalu banyak justru akan sebaliknya. Kafein diyakini sebagai pemicu migrain oleh beberapa penderitanya. Waspada dalam mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein, seperti pada kopi, coklat, dan teh.
 


2. Makanan dengan Senyawa tyramine
Makanan kara protein akan rusak ketika dimasak. Hal ini akan menyebabkan munculnya senyawa alami tyramine sebagai penyebab sakit kepala.

Jika Anda menyimpan makan berprotein lebih dari 48 jam, lebih baik buang saja. Penyimpanan terlalu lama juga akan memunculkan senyawa tyramine. Awasi waktu memasak dan gunakan bahan makanan segar ketika memasak. 


3. Bau-bauan yang Menyengat
Mencium bau yang terlalu menyengat juga bisa jadi penyebab migrain, meski baunya sangat enak.


4. Menguncir Rambut
Menguncir rambut memang hal yang sederhana. Namun, jika menguncir terlalu kencang, lama kelamaan dapat menyebabkan migrain. Jangan mengikat rambut terlalu kencang, karena akan membuat otot kepala tegang dan menyebabkan migrain.


 5. Menstruasi pada Wanita
Bagi beberapa wanita, menstruasi sering sebabkan migrain. Tingkat fluktuasi hormon ketika menstruasi bisa jadi risiko migrain. Jika ini terjadi pada Anda secara rutin, kunjungi dokter untuk penyembuhan lebih jauh.


6. Kurang Makan
Menjaga gula darah merupakan langkah pintar dalam mengurangi risiko migrain. Langkah ini akan mempermudah kerja otak dalam menyesuaikan gula darah. Cukup makan akan bantu kestabilan gula darah.


7. Menggunakan Komputer
Cahaya komputer dan televisi yang terlalu terang dapat menyebabkan over stimulasi, yang bisa menjadi pemicu migrain. Cobalah untuk mengurangi penggunaan perangkat ini dengan membaca buku atau kegiatan di luar. Atur pencahayaan pada perangkat di tingkat rendah.


Demikian ulasan kami tentang 7 Cara Menghindari Migrain, semoga dapat dijadikan reperensi untuk kesehatan anda yang lebih baik. Intinya lebih baik menghindari  migrain ketimbang harus mengobatinya.

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers