10 Tips dan Trik Agar Password Anda Tidak Mudah Dijebol Orang Lain


Password memang suatu hal yang perlu dijaga kerahasiaannya. Lantas, bagaimanakah membuat password yang tidak mudah ditebak atau dijebol orang lain? Satu hal yang perlu Anda ketahui, jangan pernah percaya bahwa data yang diamankan dengan password itu benar-benar aman. Sekuat apa pun password tidak bisa menjamin keamanan 100 persen data atau akun yang Anda miliki. Dewasa ini, banyak orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak bermoral memanfaatkan dan menggunakan segala cara untuk bisa mengakses atau menjebol password.

Para hacker atau peretas biasanya mencari lubang keamanan supaya bisa dengan mudah mengakses data yang mereka inginkan. Untuk membuat password yang aman dan tidak mudah dijebol, saya akan memberikan 10 Tips dan Trik Agar Password Anda Tidak Mudah Dijebol Orang 

Berikut Tips dan Trik agar "Password" Tidak Mudah Dijebol :
1.Buatlah password yang tidak berhubungan dengan diri Anda, istri, anak, tanggal kelahiran, warna kesukaan, makanan kesukaan, bahkan binatang kesayangan Anda. Semua hal yang berhubungan atau mendekati apa yang Anda sukai pasti akan dicoba oleh orang yang hendak mengakses data Anda. Cara seperti ini merupakan metode social engineering. Akan tetapi jika Anda membuat password "gado-gado", itu dijamin akan sulit untuk ditebak. Misalnya saja gabungan huruf besar-kecil, simbol, serta perpaduan huruf dan angka dengan karakter yang panjang.  

2.Untuk password, buatlah karakter panjang, misalnya saja 20 karakter (untuk program recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).   

3.Jangan gunakan password yang ada dalam dictionary (kamus).   

4.Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf, misalnya saja penggabungan "#$@!()&^TG!@". Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.  

5.Gunakan software generator password. Maksudnya untuk mengacak password atau mengenkripsi password. Kelemahannya cuma satu, sulit dihafalkan. Generator Pasword  

6.Hati-hati kalau Anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang peretas sedang beraksi untuk mencuri password. Mereka biasanya menggunakan teknik network sniffing untuk memantau lalu lintas data yang keluar masuk jaringan, termasuk account dan password.  

7.Jangan menyimpan password pada secarik kertas karena bisa saja setelah Anda ingat password-nya, Anda membuang kertas itu. Teknik seperti ini juga bisa dimanfaatkan, yaitu dengan mengorek sampah untuk mencari informasi yang bermanfaat. 

8.Gunakan sistem copy-paste untuk menginput password. Hal ini bisa menghindari hacking dengankeylogging. 

9.Perhatikan juga sambungan keyboard pada komputer Anda karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.  

10.Jangan lupa menghapus History  pada browser yang anda gunakan,caranya Tekan Ctrl+Shif+Del.ini berlaku apabila anda mengunakan komputer warnet atau yang bukan milik anda pribadi

Saya rasa cukup sekian 10 Tips dan Trik Agar Password Anda Tidak Mudah Dijebol Orang Lain..sekali lagi trik dan tips diatas tidak menjamin keamanan password anda 100% okey

1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 komentar:

Supercoolzz said...

ane pernah pake password serial number XP gan..
yg XP8BF... wkwkwkwk koplak ya..:D

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers