Cara Mudah dan Sederhana Membuat Telur Asin



Di warung nasi atau tempat makan lainnya kita pasti sering menjumpai telur asin. Telur asin adalah makanan khas yang identik dengan Kota Brebes Jawa Tengah. Walaupun demikian telur asin sudah melalang buana sampai ke seluruh penjuru Indonesia. rasanya yang khas membuat telur asin menjadi panganan yang digemari banyak orang. 


Proses pembuatan telur asin sebenarnya merupakan proses pengawetan telur yang tujuannya untuk mencegah masuknya bakteri pembusuk ke dalam telur. Proses ini juga bertujuan untuk mencegah keluarnya air dari dalam telur. Pengawetan telur secara utuh bersama dengan kulitnya atau yang biasa kita sebut kerabang dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satu proses yang biasa digunakan antara lain :

  1. Proses pendinginan
  2. Proses pembungkusan kering
  3. Proses pelapisan dengan minyak
  4. Proses pencelupan dalam berbagai cairan.

Salah satu cara pengawetan telur yang lazim digunakan oleh masyarakat adalah dengan cara mengolahnya menjadi telur asin. Proses pengawetan dengan metode Telor Asin mudah dipraktekkan dan tidak memerlukan biaya yang mahal karena dengan peralatan yang minim kita sudah bisa mengawetkan telur. Ada tiga cara pembuatan telur asin yaitu :

  • Telur asin dengan menggunakan adonan garam berbentuk padat atau kering
  • Telur asin dengan menggunakan adonan garam ditambah ekstrak daun teh
  • Telur asin dengan menggunakan adonan garam, dan kemudian direndam dalam ekstrak atau cairan teh.

Sebelum kita memulai proses pembuatan telur asin terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bahan dan alat pembuatan telur asin sebagai berikut :

  1. Telur bebek dengan kualitas nomor wahid, hal ini bertujuan agar telur asin yang kita hasilkan bermutu bagus dan rasa yang enak.
  2. Abu gosok atau bubuk batu bata merah kurang lebih 1 ½ liter
  3. Garam dapur ½ Kg 
  4. Larutan daun teh (jika diperlukan), untuk catatan 50 gram teh digunakan untuk/per 3 liter air 
  5. Air bersih secukupnya

Sedangkan untuk alat-alat yang harus kita persiapkan antara lain  

  1. Ember plastik ukuran sedang (disesuaikan dengan jumlah telur asin yang akan kita buat)
  2. Kuali tanah atau panci
  3. Kompor atau alat pemanas lainnya
  4. Alat pengaduk 
  5. Toples atau media lainya yang berfungsi untuk tempat  penyimpan telur
  6. Lap kain secukupnya

Ok, sekarang kita masuk ke dalam cara pembuatan telur asin. Tahap-tahap pembuatan telur asin tidaklah serumit yang kita bayangkan, dengan langkah-langkah sederhana seperti dibawah ini saya jamin Anda sudah bisa membuat telur asin. Berikut langkah-langkah membuat telur asin :

  1. Ambillah telur dengan kualitas nomor wahid yang sebelumnya sudah Anda persiapkan (kualitas nomor wahid disini diartikan telur tersebut tidak retak atau busuk)
  2. Bersihkan telur terlebih dahulu dengan air. Jika ada kotoran yang membandelAnda bisa menggunakan air hangat.
  3. Setelah bersih dari kotoran, keringkan telur tersebut dengan menggunakan kain lap
  4. Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka
  5. Buatlah adonan yang berfungsi untuk mengasinkan telur yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam. Gunakan perbandingan yang sama (1:1), misal abu gosok 1 kg dan garam 1 kg. Jika tidak ada abu gosok, anda dapat menggunakan adonan yang terbuat dari campuran  bubuk bata merah dan garam
  6. Tuangkan sedikit air ke dalam adonan pengasin tersebut, aduk sampai adonan tersebut berbentuk pasta
  7. Kemudian bungkus telur dengan adonan pengasin satu persatu secara merata. Usahakan seluruh permukaan telur terbungkus dengan adonan kira-kira setebal 1~2 mm atau secukupnya
  8. Setelah semua telur terbungkus adonan secara rata, simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik kurang lebih selama 15 - 20 hari. Usahakan  agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka;
  9. Setelah proses penyimpanan telur seperti langkah no 7 selesai, bersihkan telur dari adonan pengasin kemudian rendam telur dalam larutan teh selama kurang lebih 8 hari.
  10. Setelah 8 hari, telur sudah bisa direbus dan siap untuk disantap. 

Bagaimana mudah bukan? Telur asin-telur asin yang sudah berhasil Anda buat kini siap untuk direbus atau dipasarkan. Saya jamin akan banyak sekali warung yang mau menampung kreasi telur asin buatan Anda. Jika berminat dan mau mencoba, saya jamin Anda bisa menjadi pengusaha sukses telur asin. 

Demikian ulasan saya mengenai cara membuat telur asin,mudah bukan? semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers