Beberapa Fakta Menarik Tentang Albert Einstein


Albert Einstein (quotes.lifehack.org )
Albert Einstein adalah fisikawan teoritis ternama, pemenang Nobel. Terpenting ia adalah tokoh yang dianggap paling cerdas dan berpengaruh dalam sejarah umat manusia.

Berikut beberapa fakta dan informasi menarik tentang Albert Einstein, silahkan disimak !

1.  Lahir di Jerman
Albert Einstein lahir pada tanggal 14 Maret 1879 di Ulm, yang terletak di Kerajaan Wurttemberg, kini menjadi negara bagian Baden-Wurttemberg, Jerman.


Saat masih menjadi siswa sekolah dasar, Einstein menunjukkan bakat alami untuk matematika. Saat masih kecil, Einstein diyakini mengalami kesulitan (keterlambatan) berbicara.

2. Terinspirasi oleh kompas
Pada awal usia lima tahun, Einstein terinspirasi oleh kompas. Dia mengamati kompas saku yang dibawa ayahnya dan menyadari bahwa jarum kompas selalu menunjuk ke arah yang sama.

Hal ini membuatnya berpikir tentang adanya kekuatan yang menyebabkan kompas menunjukkan arah yang sama

3. Menikah dua kali
Pada 1903, Albert Einstein menikah dengan Mileva Maric, seorang guru dari Titel, yang kemudian menjadi bagian Kekaisaran Austria-Hungaria, sekarang di Serbia.

Mileva diyakini memberikan kontribusi signifikan terhadap karya Einstein. Mereka bercerai pada 1919. Einstein kemudian menikahi sepupunya, Elsa Lowenthal, setelah mengakhiri hubungannya dengan Mileva. 

4. Teori Relativitas
Dalam makalahnya, Critical Opalescence, yang ditulis pada 1910, Einstein mendiskusikan efek cahaya yang tersebar oleh molekul yang berbeda di atmosfer.

Pada makalahnya di tahun 1909, Einstein memperkenalkan konsep foton dengan menyarankan bahwa kuanta energi mendefinisikan momentum dan partikel seperti titik. Pada 1911, ketika menjadi seorang profesor di Universitas Charles Praha, Einstein menerbitkan karyanya perihal efek gravitasi pada cahaya. Sebuah gerhana matahari yang terjadi beberapa tahun kemudian, membuktikan teorinya bahwa cahaya melengkung di sekitar benda besar seperti Matahari.

Pada 1915, Einstein mengajukan Teori Relativitas yang masih digunakan hingga sekarang. 


5.  Beberapa karya penting
Saat bekerja di kantor paten pada 1905, Albert Einstein menerbitkan beberapa karya penting dalam jurnal fisika Jerman bernama Annalen der Physik. Dia mengajukan gagasan tentang sifat partikel cahaya. Einstein selama periode waktu yang sama menerbitkan sebuah makalah On the Electrodynamics of Moving Objects.

Pada tahun yang sama, dalam makalahnya tentang kesetaraan massa dan energi, ia mengusulkan bahwa massa dapat dikonversi menjadi jumlah setara dari energi berdasarkan persamaan E = mc2.

6. Raih Hadiah Nobel
Albert Einstein adalah pemenang Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk kontribusinya dalam penemuan Hukum Efek Fotolistrik.
Ironisnya, ia tidak menerima Hadiah Nobel untuk Teori Relativitas.

7. Menulis surat kepada Presiden Roosevelt
Fisikawan Leo Szilard berhasil meyakinkan Einstein untuk menulis surat kepada AS Presiden Roosevelt, memperingatkan tentang kemungkinan NAZI mengembangkan bom atom.

Surat ini dipercaya mendorong AS membuat bom atom.

8. Otaknya diteliti setelah meninggal
Albert Einstein meninggal di Princeton, New Jersey, AS, pada 18 April 1955 dalam usia 76. Sebelum dikremasi, otaknya diambil kemudian diteliti untuk menemukan rahasia kecerdasan luar biasa Einstein.

Hasil penelitian menunjukkan otak Einstein mengandung lebih banyak sel glial yang bertanggung jawab untuk sintesis informasi. Ditemukan juga bahwa otak Einstein lebih padat dan memiliki lobus parietalis relatif besar yang berhubungan dengan kemampuan matematika.  

Nah, demikian Beberapa Fakta Menarik Tentang Albert Einstein, semoga dapat menambah wawasan para pembaca.

Sumber : http://teknologi.inilah.com
7 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

7 komentar:

Unknown said...

Oh ini ya yang namanya Albert Einstein,, jadi tahu.. jujur sering lihat fotonya cuman belum tahu nama dan siapa beliau

dedetea66 said...

luarbiasa yah,,,,tapi setelah diteliti otaknya dikembalikan lagi nggak yah hehehe

Rohis Facebook said...

saat meninggal pun msh berguna, otakx dipake tuk penelitian.. *smile

Rahasia Hidup Sehat said...

wah bener-bener jenius banget yah Albert Einstein ini, saking jeniusnya para peneliti malah meneliti otaknya ckckck....

abang ichal said...

wow ternyate ada 2 istrinya

Sunandar said...

keren, saya pengen kaya dia :D

Ahlun Nazar said...

Manusia tercerdas di dunia ... :D

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers