8 Efek Mengkomsumsi Makanan Teralu Pedas


Tak bisa dipungkiri Sambal dan makanan pedas rasanya sangat sulit untuk dihindari. Walaupun cuma dalam menu yang itu-itu saja, tapi selera makan bisa langsung meningkat. Lalu, gimana ya menurut pendapat para sang ahli soal ini? Dr. SK Thakur, seorang gastroenterologist dari Moolchand Medcity, India, mengatakan "Bumbu pedas memang dapat menimbulkan selera makan tertentu. Tapi, yang perlu disadari, saat makanan pedas sampai di pencernaan, bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan. Mengapa? Ini disebabkan oleh peningkatan asam lambung, terutama ketika menu makanannya terlalu pedas," seperti yang dilansir oleh IndiaTimes. 

Bahkan, menurut Dr. Thakur, ada beberapa penyakit lain yang akan muncul, bila kita terus menerus mengonsumsi makanan pedas . Seperti yang berikut, silahkan disimak !

1. Sakit perut dan diare
Ini akibat iritasi pada organ pencernaan karena makanan pedas. Meskipun sifatnya akut dan tidak persisten tetapi ini merupakan suatu tanda bahwa kita sudah kelebihan makanan pedas.

2. Insomnia
Nah, jangan heran kalau kamu  jadi sulit tidur malam sehabis makan makanan pedas. Makanan pedas meningkatkan temperatur tubuh, yang bikin kamu merasa nggak nyaman dan kepanasan saat akan tidur. Akibatnya tubuh enggan diajak tidur dan merasa resah.

3. Meningkatnya Asam Lambung
Basically, makanan pedas itu adalah kombinasi dari asam, sehingga saat dikonsumsi dan diproses dalam pencernaan, jumlah asam akan bertambah (asam bertemu dengan asam). Inilah mengapa asam lambung dapat meningkat saat kita mengonsumsi makanan pedas.

4. Gangguan Lambung Akut
Dan saat asam lambung terus-menerus meningkat, gangguan lambung bisa menjadi semakin parah akibat peradangan yang terjadi. Umumnya, gangguan lambung akut akan muncul beberapa gejala seperti mual, muntah, demam, diare, sakit kepala, dan kalau terlalu parah si penderita akan mengalami muntah darah. 

5. Kehilangan Selera Makan
Saat semua menu makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas, maka selera makan muncul nggak teratur. Akibatnya tubuh jadi tergantung pada makanan yang pedas-pedas saja. 

6. Radang Lambung
radang juga akan terjadi kalau makanan pedas terlalu sering dikonsumsi. Dalam fase ini, dinding lambung sudah sangat terluka. Di beberapa kasus lambung mengeluarkan nanah dan terasa sakit yang luar biasa. Gejala radang ini berupa rasa terbakar di lambung, mual, muntah dan penurunan berat badan yang drastis. 

7. Menurunnya kepekaan lidah
Semakin lama orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidahnya menurun. Bagi orang lain satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi orang yang terbiasa maka hanya sedikit merasakan pedas. Ini tidak hanya berlaku pada rasa pedas saja tetapi juga berpengaruh terhadap pengecapan rasa lainnya seperti manis, asin, asam dan pahit. Menurunnya indera pengecapan ini tidak jauh berbeda pada berkurangnya pendengaran orang berada dilingkungan bising, keduanya mempunyai akibat yang permanen.

8. Makan dalam jumlah yang proporsional
Saya sendiri suka makanan pedas karena membangkitkan selera. Tetapi ada batas dimana tubuh merasa “tersakiti” apabila makan terlalu banyak makanan pedas misalnya saat lidah terasa terbakar atau perut mulas-mulas. Meskipun banyak orang yang menyukai sensasinya tetapi tidak seharusnya kita mengabaikan peringatan-peringatan tersebut. Kurangi jumlah cabainya jika sudah merasakan sesuatu yang tidak beres setelah memakan makanan pedas.



Apa makanan pedas sama sekali nggak boleh dikonsumsi? 

ya tidak juga dong. Dokter memberikan saran agar mengonsumsi makanan pedas itu 3 - 4 kali dalam satu minggu. Dianjurkan pula agar kita mengonsumsi makanan pedas di menu utama saat siang hari, soalnya tubuh lagi butuh-butuhnya energi buat bergerak dan jedanya jauh dari jam tidur kita. Selain itu, setelah makan makanan pedas, dianjurkan pula minum susu atau air kelapa muda untuk menetralisir kadar asam di dalam lambung.


Nah, demikian ulasannya gan, kesimpulannya boleh memakan makanan pedas tapi masih dalam taraf wajar-wajar saja jangan terlalu berlebih karena akan berdampak pada kesehatan anda sendiri.


Dikutip Dari : Berbagai sumber
2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

Nandar Sunandar said...

baru tahu ane..

thika said...

saya suka makan pedas
kebetulan tinggal di tempat yang mayoritasnya adalah penyuka pedas, beli makan dimana pasti deh pedas semua :D
dan selama ini sih fine2 saja sih...
but thanks artikelnya mas :D

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers