10 Tips Ampuh Mengatasi Insomnia



Bagaimana cara mengatasi susah tidur? Sejenak terlintas dalam pikiran beberapa orang yang selalu memiliki kesulitan saat ingin tidur. Salah satu penyakit yang biasa disebut dengan "Insomnia" ini memanglah sangat mengganggu para penderitanya. Beberapa dampak negatif tentunya akan dihadapi dan salah satunya efektivitas dalam kegiatan disiang hari tentunya akan terganggu dan masih banyak lagi dampak buruk yang lain, Mungkin akan kita bahas di daftar lain nanti. Saat ini kita akan berfokus pada Cara Mengatasi Insomnia

Banyak orang yang telah mengalami hal seperti ini, mungkin saja anda yang saat ini membaca info menarik ini dikarenakan lagi mengalami Susah tidur di malam hari. Nah, Bagaimanakah cara mengatasi insomnia

Silahkan simak 10 Tips Ampuh Mengatasi Insomnia dibawah ini! 

1.  Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur juga sangat berperan penting dalam proses mengatasi susah tidur.  Salah satu sebab insomnia adalah anda masih memiliki energi yang berlebih di malam hari. Akibatnya, anda justru tidak bisa mengistirahatkan badan dan harus melakukan hal-hal lain terlebih dahulu sebelum bisa tertidur nyenyak.  Hal seperti inilah yang mengakibatkan pola tidur menjadi tidak teratur. Setidaknya, cobalah melakukan olahraga ringan setiap hari, contohnya berjalan kaki selama tiga puluh menit. Olahraga ini bisa membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dan mekanisme kerja sel.  Yang perlu diingat, jangan melakukan olahraga tiga jam sebelum anda tidur karena hal ini bisa membuat tubuh anda terlalu lelah dan membuat tidur tidak nyaman. 

2.  Buang jauh-jauh rasa khawatir anda, tidurlah seperti bayi
Ada pepatah kuno yang mengatakan:"Jangan berpikir sebelum tidur." Satu dari tiga penderita insomnia mengalami susah tidur karena masalah psikologis dan rasa cemas yang menghantui mereka. Oleh karena itu, anda harus benar-benar berpikir tentang hal-hal yang tidak mengenakkan sebelum tidur. Cobalah untuk pasrah kepada alam, pejamkanlah mata anda, dan beristirahatlah. Jika anda adalah orang yang religius, berdoa sebelum tidur bisa membuat diri anda merasa lebih aman dan nyaman. Apabila rasa khawatir anda sudah sirna, maka masalah susah tidur pun akan teratasi dengan sempurna. Semoga beberapa tips dari kami bermanfaat bagi anda. 

3. Jangan memikirikan sesuatu yang meresahkan 
Sebelum tidur, disarankan untuk tidak berdebat dan memikirkan hal-hal yang membuat anda khawatir, resah, cemas, dan was-was.  Jika hal ini terjadi dan rasa khawatir tersebut menjadi sangat besar, otak anda tidak akan berhenti berpikir, dan akhirnya anda pun tak bisa memejamkan mata. Jangan berdebat sebelum tidur.  Hindari pula untuk menonton acara-acara TV yang bisa membuat anda merasa marah dan gusar.  Ingat, buatlah saat-saat sebelum memejamkan mata sebagai saat yang damai dan menenangkan hati, maka tidur anda pun akan jauh lebih enak. 

4.  Buat jadwal tidur yang teratur 
Insomnia atau susah tidur biasanya terjadi dikarenakan tidak teraturnya waktu tidur anda.  Mungkin karena beraktifitas hingga dini hari, dan mengakibatkan terlambat bagun. Karena kondisi tubuh masih segar, secara otomatis pada malam hari sobat akan mengalami susah tidur. Hal ini bisa menjadi masalah apabila keesokan harinya anda harus bangun pagi, dan jika terjadi berulang-ulang, maka ritme jam tubuh anda akan kacau. 

5.  Kondisi tempat tidur yang nyaman
Biasanya juga kita mengalami susah tidur dimalam hari dikarenakan kondisi kamar yang sepertinya kurang kondusif. Bisa saja Ruangan kamar anda berantakan, kotor, dan tidak teratur, dan membuat anda risih jika ingin memejamkan mata. Jika sobat terbangun dari tidur nyenyak, kemungkinan untuk melanjutkan tidur yang nyenyak sangat tipis. Yang bisa anda lakukan adalah setidaknya menggunakan ranjang tempat anda berbaring hanya untuk tidur dan tidak melakukan aktivitas selain tidur di atas ranjang, seperti browsing internet, mengerjakan tugas, apalagi makan. Jadikan ranjang sebagai tempat yang eksklusif untuk beristirahat. 

6.  Relaksasi 
Perasaan tegang, baik secara fisik maupun mental adalah salah satu penyebab paling utama susah tidur. Untuk mengatasinya, anda harus membuat tubuh anda merasa rileks sesaat sebelum tidur. Bagaimana caranya?  Ada berbagai cara yang mudah, murah, dan cepat untuk membuat tubuh anda lebih santai.  Salah satunya adalah dengan berbaring santai, tarik nafas dalam-dalam, dan hembuskan.  Lakukan selama kurang lebih 3 menit. 

7. Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan susah tidur

Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein tinggi seperti kopi, alkohol, dan minuman bersoda. Kafein membuat syaraf-syaraf tubuh anda menjadi lebih waspada, dan tentu saja hal ini akan mengganggu proses tidur. Nikotin yang terkandung pada rokok juga menjadi salah satu penghambat relaksasi tubuh yang bisa mengakibatkan insomnia. Minuman-minuman yang mengandung ginseng lebih baik jangan dikonsumsi menjelang tidur. Jangan pula makan terlalu banyak sesaat sebelum tidur, karena perut anda akan bekeja keras mencerna makanan tersebut, dan makanan-makanan itu memproduksi energi berlebih yang membuat anda tidak mengantuk. 

8.  Buat kondisi kamar anda sesejuk mungkin 
Kondisi kamar yang sejuk bisa membuat tidur lebih nyaman. Jika kondisi kamar kondusif, kondisi insomnia akan dengan mudah takluk oleh rasa ingin tidur. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan sirkulasi udara di kamar anda. Jika kamar terasa panas, jangan ragu untuk membuka jendela atau pintu sehingga kondisinya menjadi lebih sejuk. 

9.  Dengarkan musik berirama lembut
Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi susah tidur. Sangat disarankan untuk mendengarkan musik-musik instrumental yang lembut dengan nada-nada pelan yang membuat anda merasa mengantuk. Pastikan untuk mengeset volume musik agar tidak terlalu keras, namun hanya terdengar samar-samar. Disarankan juga untuk tidak mendengarkan lagu favorit anda sebelum tidur, karena lagu-lagu ini bisa membuat sel-sel otak menjadi aktif dan pada akhirnya anda justru akan terjaga. Pilih musik yang menenangkan, namun jarang anda dengarkan dalam aktivitas sehari-hari. 

10.  Konsumsi makanan yang bisa membuat tidur lebih pulas 
Ada berbagai makanan yang bisa anda makan sebelum berangkat tidur yang memiliki berbagai kandungan yang efektif untuk membuat tubuh menjadi rileks. Contohnya adalah susu yang mengandung banyak zat melatonin yang membuat tubuh anda menjadi lebih cepat tertidur. Konsumsilah segelas susu hangat dengan sedikit gula di malam hari untuk mempermudah proses relaksasi. Selain kopi, teh herbal dengan aroma yang harum juga sangat membantu proses relaksasi. Cobalah untuk mengonsumsi teh atau kopi dengan snack-snack ringan yang tidak membuat anda merasa terlalu kenyang.  Satu poin lagi, pastikan bahwa snack tersebut tidak terlalu pedas atau asin.



Nah, Seperti itulah informasi menarik buat sobat yang mungkin saat ini sering mengalami insomnia. Semoga saja 10 Tips mengatasi Insomnia ini dapat membantu anda.Sekian

3 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 komentar:

Jocker said...

bantal saya keras n jarang olahraga lagi, wajar saja saya melek trus tiap malem :D

Abed Saragih said...

Bisa diterapkan ini mas mengingat saya sering sekali begadang yang dapat mengurangi kesehatan.

Nandar Sunandar said...

insomnia, kadang2 sih :) tapi bermanfaat tipsnya :)

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers