Manfaat Bunga Melati

 
Bunga melati biasanya digunakan sebagai wewangian suatu ruangan dengan cara menyimpan bunga melati di sudut ruangan atau di atas meja tamu, bukan hanya itu saja tetapi bunga berwarna putih bersih ini juga kerap digunakan untuk pelaksanaan beberapa upacara adat tertentu salah satunya yaitu seperti upacara pernikahan.


Akan tetapi apakah Anda pernah terpikirkan jika bunga melati memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak pakar herbal menyadari bahwa bunga melati kaya akan komponen alam seperti minyak eteris – zat berbau yang terkandung dalam tanaman. Melati juga memiliki sejumlah senyawa kimia penting seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon yang apabila dimanfaatkan dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti disebutkan di bawah ini.
  1. Teh dan minyak melati telah lama dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat, sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dorongan seksual dan bahkan mungkin mengobati infertilitas baik pada pria dan wanita.
  2. Melati dianggap sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.
  3. Menambahkan minyak melati ke dalam campuran minyak esensial dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.
  4. Teh melati dikenal sebagai tonik alami yang dapat merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.
  5. Melati memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit.
  6. Melati adalah obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.
  7. Riset menunjukkan bahwa melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.
  8. Teh dan ekstrak melati dapat membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif.
  9. Dalam aromaterapi, minyak bunga melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.
  10. Wangi melati dapat dimanfaatkan untuk memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres.
Memang manfaat bunga melati tidak dapat kita pandang sebelah mata. Mulai dari wangi hingga bunganya dapat kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh kita terutama untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap prima dan terhindar dari stress dengan menyium aroma melati yang wangi. 

2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

yanuar catur said...

Entah kenapa yah, saya kadang-kadang pusing ama baunya nih bunga.. Heran

Nandar Sunandar said...

wah makasih gan buat artikelnya nih.. jadi manfaat bunga melati banyak ya :)
ditunggu ya komen baliknya.. :)

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers