12 Cara Berbuka Puasa Umat Muslim yang Paling Unik di Dunia

Selama sebulan penuh para umat Islam menjalankan ibadah puasa. Ibadah yang mereka lakukan setiap tahunnya ini termasuk salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan.

Dalam ibadah puasa tersebut, saat berbuka menjadi momen istimewa dan juga melegakan bagi umat Islam setelah seharian penuh mereka menahan lapar dan dahaga. Momen tersebut dirayakan dengan cara yang Unik dan berbeda di setiap negara.

Foto-foto berikut ini memperlihatkan betapa momen berbuka dalam berpuasa bisa terlaksana begitu indah, menarik, dan juga Unik.Berikut 12 Cara Berbuka Puasa Umat Muslim yang paling Unik di Dunia,dikutip dari Kapanlagi:

1. Buka di atas jembatan
Buka di atas jembatan
Masyarakat Turki merayakan buka puasa di hari pertama Ramadan dengan membagi-bagikan Makanan gratis dan menyantapnya bersama di atas jembatan Istambul. Jalanan kota nampak lengang, mungkin karena semua warga Istambul berkumpul untuk berbuka bersama.


2. Berbuka di tengah protes
Berbuka di tengah protes
Para pemrotes anti pemerintahan di Sanaa, Yemen berbuka bersama dengan makan lesehan di tepi-tepi jalan pada hari pertama Ramadan. Momen berbuka sejenak membuat para pemrotes melupakan ketegangan dan berbaur dengan yang lain untuk menyantap kurma dan menu khas setempat.

3. Menyalakan meriam
Menyalakan meriam
Seorang pemuda di sebelah selatan kota Taiz, Yemen menyalakan meriam dan membuat seisi kota mendengar suaranya. Semua itu dilakukan untuk memberi tanda kepada warga Yemen bahwa sudah saatnya berbuka untuk pertama kalinya di hari pertama Ramadan.

4. Yang manis dan hangat
Yang manis dan hangat
Menu berbuka puasa yang paling dicari adalah Makanan yang manis. Lebih enak lagi jika Makanan tersebut masih hangat. Pria asal Kabul, Afghanistan ini membuat Makanan yang memenuhi kedua hal di atas. Makanan yang bentuknya mirip dengan krupuk di Indonesia ini pun laris manis di sana.


5. Menu andalan
Menu andalan
Pria asal Manila ini membakar ikan tuna sirip kuning untuk nantinya dimakan saat berbuka di hari pertama Ramadan. Menu ini adalah andalan pasar tradisional di Manila selama Ramadan.

6. Acar dan Zaitun
Acar dan Zaitun
Di kota Tripoli, Libia, menu yang paling dicari saat puasa untuk menu berbuka adalah zaitun dan acar. Lihat betapa banyak acar yang dijual di pasar ini. Para pria ini saling tawar tentang harga acar.


7. Sepiring berbanyak Orang
Sepiring berbanyak<a href='http://www.lihat.co.id/search?q=Orang/'> Orang</a>
Umat muslim asal Rohingya berbuka puasa bersama di Pusat Immigration Detention, provinsi Kanchanaburi di hari pertama Ramadan. Kebersamaan begitu terasa karena mereka harus berbagi piring saat menyantap menu buka puasanya.


8. Roti super lebar
Roti super lebar
Para pengungsi di camp Jabalya, jalur Gaza pun tak mau melewatkan momen berbuka. Mereka sebelumnya membuat roti super lebar dan berukuran besar untuk nantinay dimakan bersama-sama saat berbuka puasa.


9. Serba buah
Serba buah
Piring-piring ini ditata dan dipenuhi dengan buah seperti pisang, tomat dan juga apel untuk nantinya disantap saat berbuka puasa. Kuil Sufi Muslim abad ke-13, Hazrat Nizamuddin Aulia, di Delhi India ini memang dikenal karena selalu membagikan menu berbuka serba buah.


10. Aksi akrobat
Aksi akrobat
Warga Karachi, Pakistan pun punya tradisi untuk berbuka puasa bersama. Mereka melakukannya di Tempat terbuka dan ada seseorang yang bertugas membagikan Makanannya. Yang Unik di Tempat ini, pria yang membagikan Makanan akan beraksi dengan membawa belasan piring sekaligus.
Aksi akrobat
Hal yang sama pun bisa ditemui di Kairo Mesir. Pembagi Makanan akan membawa banyak mangkok dalam nampan super lebar.


11. Antri dulu
Antri dulu
Bersyukurlah kalau kamu bisa berbuka puasa tanpa harus bersusah payah mengantri seperti mereka di Mogadishu, Somalia ini. Untuk bisa mendapat Makanan saat berbuka, warga Mogadishu harus mengantri panjang di pusat-pusat pembagian Makanan.


12. Pesta kembang api
Pesta kembang api
Warga Palestina tak pernah melewatkan momen berbuka pertama di bulan Ramadan dengan biasa-biasa. Mereka memilih untuk menyalakan kembang api dan membuat pertunjukan menakjubkan di kota Gaza.
3 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 komentar:

Mas Nazar said...

Setiap negara pasti berbeda-beda ya mas ...

MaYa KayLa said...

pesta kembang api,,,,

di dindonesia lom populer ya gan?

Nandar Sunandar said...

oke deh gan :D keren2 ya :D

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers