Indahnya Keberagaman Indonesia



Sebagai salah satu bagian dari warga negara republik indonesia yang memiliki budaya, bahasa, suku,agama dan adat-istiadat yang beragam , aku merasa sangat beruntung sekali. Mengapa begitu? Karena dalam keberagaman itu ada begitu banyak nilai dan norma kehidupan yang bisa aku ambil dan ku pelajari. Semua nilai yang bisa ku pelajari dalam lingkungan masyarakat yang beragam ini membuatku merasa bahwa sebenarnya tak selamanya perbedaan itu menjadi jembatan pemisah antara kita dan orang-orang disekitar kita yang kebetulan berbeda, apakah berbeda agama, suku, warna kulit, dan lain sebagainya.

Sebenarnya kalau saja kita mau lebih memahami dan terbuka, perbedaan-perbedaan inilah yang telah membuat kita semua bersatu karena kalau tidak, negara kita tidak akan mungkin memilih slogan nasional Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua. Dengan berbeda, bukan berarti kita harus terpisah. Perbedaan yang sama-sama kita miliki ini adalah bahan dasar untuk membuat sebuah rantai jalinan yang kuat yang dapat mengikat kita semua dalam satu lingkaran besar sebuah negara. 

Sebuah perumpamaan sederhana adalah  keluarga,walaupun  memiliki ikatan darah tapi tidak dapat dipungkiri bahwa setiap anggota kelurga memiliki sifat atau watak yang berbeda-beda.Perbedaan,kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri  masing-masing anggota kelurga akan membuat kita  saling menutupi ruang-ruang atau sela-sela kosong yang mungkin ada di antara lingkaran keluarga kita.Sifat ayah yang terkadang suka 'keras', terimbangi dengan sikap ibu yang lebih lembut dan lunak,sifat kakak yang sering  mengatur kita akan menjadikan kita lebih hati-hati menjalani hidup.Begitulah semuanya terjalin menjadi satu dalam ikatan kuat yang disebut keluarga.walaupun pada hakekatnya perbedaan itu tetap akan ada selamanya. Namun, semua itu telah bersatu dalam satu keseragaman yang membangun keluarga. 


Jadi, tak selamanya keberagaman itu menjadi pemisah antar kita dengan yang lainnya. Malah sebaliknya, keberagaman itu selayaknya bisa membuat kita bersatu untuk saling melengkapi dalam keberagaman yang ada.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Post a Comment

Maaf, komentar anda akan di moderisasi terlebih dahulu
1. Berkomentarlah dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung
2. No sara, No spam, No junkers